Penulis
Intisari-Online.com - Menteri propaganda Nazi Joseph Goebbels tampak ceria dan tidak peduli saat pertama kali bertemu dengan fotografer Alfed Eisenstaedt.
Dalam foto close-up, politisi Third Reich ini tertangkap kamera tersenyum pada pertemuan Liga Bangsa-Bangsa di Jenewa pada September 1933.
Tetapi ketika Goebbels mengetahui bahwa fotografer majalah LIFE, Eisenstaedt adalah seorang Yahudi, ekspresinya sangat berbeda.
Selanjutnya, ketika Eisenstaedt mendekati Goebbels untuk memotretnya, ekspresi politisi itu sangat sangat berbeda.
Alih-alih tersenyum, dia cemberut ke arah kamera.
Foto dengan pandangan kebencian dan posturnya yang tegang memancarkan permusuhan itu kemudian terkenal.
Dalam buku 1985, "Eisenstaedt on Eisenstaedt: A Self-Portrait", fotografer berusia 87 tahun itu membahas bagaimana gambar Goebbels muncul:
"Saya melihatnya duduk sendirian di meja lipat di halaman hotel.
Saya memotretnya dari kejauhan tanpa dia sadari.
Sebagai reportase dokumenter, foto itu memiliki beberapa nilai: menunjukkan sikap menyendiri.
Kemudian saya melihatnya di meja yang sama dikelilingi oleh para pembantu dan pengawal.
Goebbels tampak sangat kecil, sementara pengawalnya sangat besar.
Saya berjalan dari dekat dan memotret Goebbels.
Tapi itu sangat mengerikan. Dia menatapku dengan ekspresi penuh kebencian.
Hasilnya, bagaimanapun, adalah foto yang jauh lebih kuat.
Tidak peduli betapa tidak menyenangkannya itu. Dia menatapku dengan mata penuh kebencian dan menungguku pergi.
Tapi aku tidak pergi. Selama aku memegang kamera di tangan, aku tidak takut."
Tetapi bagaimana Goebbels mengetahui bahwa fotografernya adalah orang Yahudi?
Tidak ada yang tahu pasti tapi mungkin nama belakang Eisenstädt adalah nama khas keluarga Yahudi.
Sangat mungkin bahwa Goebbels diberi tahu namanya dan menarik kesimpulan bahwa dia adalah orang Yahudi atau setidaknya keturunan Yahudi.
Kutipan dari buku harian Joseph Goebbels yang menunjukkan kebenciannya terhadap orang Yahudi:
"Orang Yahudi sekarang sedang dideportasi ke timur.
Sebuah prosedur yang cukup biadab, yang tidak akan dijelaskan secara lebih rinci, digunakan di sini, dan tidak lebih banyak lagi sisa-sisa orang Yahudi itu sendiri.
Secara umum, mungkin dapat ditetapkan bahwa 60 persen dari mereka harus dilikuidasi, sementara hanya 40 persen yang dapat dipekerjakan.
Pengadilan sedang dilakukan terhadap orang-orang Yahudi yang biadab, mereka layak mendapatkannya.”
(*)