Find Us On Social Media :

Munculnya Sindrom Yerusalem, Sebuah Gangguan Psikologis Aneh yang Menimpa Wisatawan di Kota Suci, Fenomena Apa Ini?

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 30 Januari 2021 | 18:08 WIB

Al-Aqsa

Intisari-Online.com - Dikenal dalam bahasa Ibrani sebagai Yerushalayim dan dalam bahasa Arab sebagai al-Quds, Yerusalem memiliki jumlah situs suci terbesar dari kota mana pun di dunia dan dianggap oleh banyak orang sebagai pusat dunia.

Ini adalah salah satu kota tertua di dunia dan sangat penting bagi orang Kristen, Yahudi dan Muslim.

Sepanjang perjalanan sejarah, Yerusalem telah ditaklukkan, dihancurkan, dan dibangun kembali berkali-kali.

Lokasi yang sangat penting bagi umat Kristen, Yahudi, dan Muslim ini telah menarik jutaan peziarah selama ribuan tahun dan seperti yang ditulis oleh penulis Prancis abad ke-19, François-René Chateaubriand:

Baca Juga: Situasi Darurat, Militer Myanmar Rencanakan Kudeta Pada Pemerintahnya Sendiri, Hal Ini yang Jadi Penyebabnya

“Tidak pernah ada seorang peziarah yang tidak kembali ke desanya dengan satu prasangka berkurang dan satu gagasan lagi. "

Namun, dalam beberapa kasus, pemandangan di Yerusalem dapat membuat orang percaya kewalahan dan itu dapat menimbulkan kondisi langka yang dikenal sebagai sindrom Yerusalem.

Ini adalah kondisi delusi yang mempengaruhi beberapa pengunjung ke Yerusalem di mana subjek mengidentifikasi dengan tokoh utama dari latar belakang agamanya.

Dr. Pesach Lichtenberg, kepala bangsal psikiatri di Rumah Sakit Herzog di Yerusalem mengatakan kepada Radio Publik Nasional bahwa “Sindrom Yerusalem adalah fenomena yang membuat orang sadar, peziarah, turis yang datang ke Yerusalem begitu diliputi oleh rasa kesucian di sini sehingga sesuatu terjadi pada mereka."

Baca Juga: Inilah Berbagai Manfaat yang Anda Dapat dari Pijat Refleksi, Apa Saja?