Find Us On Social Media :

Jejaknya Disembunyikan Lebih dari Setengah Abad, Inilah Noor Inayat Khan, 'Spy Princess' Muslim India yang Bikin Polisi Rahasia Nazi Banjir Darah saat Mencoba Meringkusnya

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 25 Februari 2021 | 12:30 WIB

Noor Inayat Khan

Intisari-Online.com – Lahir di Moskow pada Hari Tahun Baru 1914, Noor Inayat Khan adalah keturunan seorang pangeran India.

Selama Perang Dunia II ia menjadi agen rahasia untuk Eksekutif Operasi Khusus Inggris (SOE) dan merupakan operator nirkabel wanita pertama yang dikirim ke Prancis yang diduduki.

Dia ada di sana untuk membantu Perlawanan Prancis dan pesan yang dia kirim kembali ke Blighty membantu keberhasilan pendaratan D-day.

Operator radio wanita pertama yang dikirim Inggris ke Prancis yang diduduki, dia dikhianati oleh Jerman, dan ditangkap pada tahun 1943.

Baca Juga: Ini Pahlawan Wanita Perang Dunia II dalam Kehidupan Nyata yang Menginpirasi Karakter Film-film Perang, Mata-mata Wanita yang Hidupnya Berakhir dengan Tragis

Noor Inayat Khan adalah mata-mata Inggris selama Perang Dunia II.

Ia seorang wanita keturunan penguasa Muslim abad ke-18, Sultan Tipu dari Mysore, yang tewas di tangan Nazi.

Khan, namanya mungkin tidak terlalu familier di telinga dan peran apa yang telah ia jalankan bersama Inggris, negara yang telah mencengkeram tanah leluhurnya.

Mungkin wajar, karena nama dan jejaknya sempat tidak disebutkan selama beberapa dekade, seperti yang dilansir dari Al Jazeera pada 28 Oktober 2020.

Baca Juga: ‘Saya Hanya Bisa Mati Satu Kali’ Kisah Odette, Mata-mata Wanita Kesayangan Saat Perang Dunia Kedua, Namun Jadi Sasaran dan Penyiksaan Brutal Gestapo