Find Us On Social Media :

Jangan Asal-asalan Pakai! Ternyata Penggunaan Masker Seperti Ini Keliru Menurut Satgas Covid-19!

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 19 Februari 2021 | 17:00 WIB

Pemakaian masker saat mengendarai mobil sendirian.

Intisari-Online.com – Pandemi Covid-19 hingga kini belum usai, untuk mencegahnya kita diharapkan menggunakan masker.

Sayangnya, masih banyak yang asal-asalan memakai masker, karena pemakaiannya yang tidak tepat.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebutkan, ada sejumlah hal yang tak disarankan dalam penggunaan masker.

Ia meminta masyarakat memahami hal tersebut agar penggunaan masker efektif mencegah penularan virus corona.

Baca Juga: Nekat Menyamar sebagai Dokter, Polisi Menyusup ke Bangsal Covid-19 dan Menangis Menyaksikan Ayahnya Meninggal

"Penggunaan masker yang benar sangat penting untuk meningkatkan efektivitas masker dalam mencegah penularan Covid-19," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (18/2/2021).

Wiku menyebutkan, setidaknya ada tiga jenis masker yang bisa digunakan, yakni masker medis, masker kain, dan masker KN95.

Ia menyarankan supaya masyarakat tak menggunakan masker yang memiliki katup udara.

Sebab, keberadaan katup pada masker bisa menjadi celah masuknya virus. Sementara itu, dalam laman resminya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat tidak merekomendasikan masker jenis ini karena tidak mampu mencegah penyebaran virus corona.

Baca Juga: Bukannya Pentingkan Rakyat Kecil, di Negara Ini Pejabat Diam-Diam Manfaatkan Kekuasannya Untuk Suntik Dirinya Sendiri dengan Vaksin Covid-19, Ada 500 Pejabat Melakukannya