Find Us On Social Media :

Hampir Dua Dekade Tertutup Rapat, Sosok Pembocor Senjata Rahasia Saddam Hussein yang Picu Invasi AS Akhirnya Terungkap

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 17 Februari 2021 | 13:00 WIB

Saddam Husein

Intisari-Online.com –  Saddam, yang menjabat sebagai Presiden Irak selama lebih dari 20 tahun itu lahir dari keluarga miskin di Tirkit, 100 mil dari Baghdad, pada 1937.

Dikutip dari Britannica, setelah pindah ke Baghdad pada usia muda, Saddam bergabung dengan Partai Baath, partai yang membesarkan namanya pada tahun 1957.

Ia ikut serta dalam beberapa percobaan kudeta di Irak dan menempatkan keponakannya, Ahmed Hassan al-Bakr sebagai Presiden Irak pada 1968.

Selama 9 bulan, Saddam Hussein berada dalam persembunyiannya setelah dikudeta pada 20 Maret 2003 oleh AS yang melakukan invasi ke Irak.

Baca Juga: 9 Fakta Gila Diktator Irak Saddam Hussein, Termasuk Menumpahkan 50 Liter Darahnya Sendiri untuk Menulis Kitab Suci selama 2 Tahun

Invasi tersebut didasari atas tudingan AS kepada pemerintahan Saddam yang dianggap menyimpan senjata kimia.

Namun, rupanya ada yang membocorkan senjata rahasia Saddam Hussein hingga memicu invasi AS ke Irak tersebut, siapakah dia?

Uday Saddam Hussein al-Tikriti adalah putra tertua Saddam Hussein dengan istri pertamanya, Sajida Talfah.

Uday lulus dari sekolah menengah dengan nilai yang sangat tinggi.

Baca Juga: Bak Tampar Wajah Negaranya Sendiri, Tentara AS Beberkan Sosok Saddam Hussein Sebenarnya, Sampai Menangis Kala Sang Diktator Dieksekusi