Find Us On Social Media :

Herman Willem Daendels, Si Tangan Besi yang Terkejut saat Pertama Kali Injakkan Kaki di Batavia, Sampai Beri Julukan 'Kuburan Orang Belanda'

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 12 Februari 2021 | 16:15 WIB

Herman Willem Daendels, si tangan besi pembuat jalan Anyer-Panarukan.

Intisari-Online.com – Melansir dari kompas.com, di media sosial Twitter, sempat ramai perbincangan soal Gubernur Jenderal Hindia Belanda Herman Willem Daendels.

Keramaian tersebut muncul lantaran unggahan Twitter Teddy Septiansyah melalui akunnya @Teddyslfc.

Ia mempertanyakan kebenaran mengenai sejarah pembangunan jalan raya Anyer-Panarukan.

Pertanyaan tersebut ditanggapi oleh @mazzini_gsp. Hingga Senin (8/2/2021) pukul 07.00, lebih dari 51 ribu orang menyukai unggahan tersebut.

Baca Juga: Kerja Paksa Pembangunan Jalan Raya Anyer-Panarukan yang Dibangun 'Mas Galak' Daendels Rupanya Tidak Seluruhnya Kerja Paksa Seperti yang Diceritakan Buku Sejarah, Ini Kisahnya

Untuk mengenal siapa Jenderal Daendels, simak tulisan Rudy Badil, seperti pernah dimuat di Majalah Intisari edisi Oktober 2008.

Nun 200-an tahun lalu, mendaratlah kapal perang layar besar di Anyer, ujungnya Jawa Barat, setelan mengarungi laut luas sekitar 10-an bulan dari Belanda.

Tanggal 9 Januari 1808, salah satu penumpang kapal itu, Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels - di kemudian hari dijuluki "si tangan besi" - dinobatkan sebagaipenguasa Hindia Timur Belanda.

Ia berstatus utusan khusus Louis Napoleon Bonaparte dari Prancis, yang menjadi "Raja Belanda" di Republik Bataaf atau Belanda.

Baca Juga: Alun alun Bekas Tusukan Tongkat Daendels Itu Jadi Titik Nol Kilometer Kota yang Tak Pernah Sepi di Akhir Pekan