Find Us On Social Media :

Hasil Penelitian WHO: Sebut Asal Covid-19 Bukan dari Pasar Makanan Laut atau Laboratorium di Wuhan hingga Picu Kemarahan, Mengapa?

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 11 Februari 2021 | 20:16 WIB

Antrian warga yang terjangkit virus Corona di Rumah Sakit Wuhan (2020)

Intisari-Online.com - Temuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang asal-usul Covid-19 telah memicu kemarahan.

WHO menyatakan asal Covid-19 bukan berasal dari pasar makanan laut atau kebocoran laboratorium di Wuhan.

WHO juga dituduh menutupi asal-usul Covid-19 di China.

Sebelumnya, sebuah dugaan digaungkan sejak awal bahwa asal-usul Covid-19 yang muncul pertama di Wuhan itu berasal dari hewan yang dijual di Pasar Makanan Laut Huanan menular ke manusia.

Baca Juga: 'Tolong Jangan Terlalu Mengandalkan Inter AS', Peneliti WHO Sebut Intelijen AS Tidak Dapat Diandalkan untuk Selidiki Asal-usul Virus Corona

Dugaan lainnya adalah asal-usul Covid-19 berada di Institut Virologi Wuhan yang kemudian bocor dan menyebar semakin luas. Kedua dugaan itu menimbulkan protes dan bantahan dari pemerintahan China.

Dilansir The Sun pada Selasa (9/2/2021), temuan WHO tampaknya sebagian besar mendukung protes Partai Komunis bahwa virus itu mungkin berasal dari luar perbatasannya dan penyangkalan berulang atas kecelakaan laboratorium.

Hal itu bisa hanya akan memicu tuduhan bias "China-sentris" oleh WHO yang telah dilobi dengan keras oleh AS.

Meski menawarkan penjelasan lebih lanjut, tim WHO mengakui bahwa mereka gagal mengidentifikasi sumber asli wabah Covid-19.

Baca Juga: Abaikan Teori Trump, Biden Pilih Jauhkan Diri dari Teori Kebocoran Virus Corona dari Lab China