Penulis
Intisari-Online.com - Kapal induk dianggap sebagai simbol kekuatan angkatan laut suatu negara.
Sejak diperkenalkannya kapal induk hingga saat ini, negara-negara dengan kapal induk cukup mengandalkan jari, dan itulah negara-negara dengan potensi ekonomi terdepan di dunia.
Namun, ada pengecualian. Pada Maret 1997, Thailand menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki kapal induk, HTMS Chakri Naruebet, dengan nomor lambung CVH-911.
Kepemilikan kapal induk oleh Thailand pada saat itu dianggap sebagai peristiwa yang luar biasa bagi militer Asia dan dunia.
Saat itu, “big brothers” lainnya seperti China, Jepang dan Korea Selatan, belum memiliki kapal induk.
Seluruh Asia, hanya India yang memiliki pengalaman mengoperasikan kapal tua yang dibeli dari Inggris, INS Viraat.
Selain menjadi satu-satunya kapal induk di Asia Tenggara, HTMS Chakri Naruebet juga mencetak rekor sebagai kapal induk termurah di planet ini.
Pada awal 1992, pemerintah Thailand menandatangani kontrak untuk membangun kapal perang dengan Spanyol.
Kapal itu diletakkan pada Juli 1994 di galangan kapal Bazan di Ferrol, diluncurkan pada 20 Januari 1996 dan secara resmi ditugaskan pada 27 Maret 1997.
Biaya pembuatan kapal itu hanya sekitar 336 juta dolar, jauh lebih murah daripada kapal induk lain dari Amerika Serikat, Inggris, Prancis, atau Rusia.
Dengan biaya rendah, Chakri Naruebet tidak akan sebesar dan semodern kapal induk canggih lainnya.
Dia hanya memiliki bobot yang sama dengan kapal penjelajah kelas Slava Rusia, 11.486 ton dengan muatan penuh, panjang 182,65 m, dek penerbangan sekitar 174 m, lebar 22,5 m dan daya muat 6,12 m.
Desain Chakri Naruebet didasarkan pada desain Principe de Asturias dari Angkatan Laut Spanyol tetapi disederhanakan.
Tenaga penggerak
Tentu saja Chakri Naruebet tidak memiliki mesin nuklir.
Sebagai gantinya, ia dilengkapi dengan sistem propulsi yang menggerakkan 2 poros dengan baling-baling 5 bilah, yang terdiri dari dua mesin turbin gas General Electric LM2500, yang menghasilkan 22.125 tenaga kuda poros.
Ada juga dua mesin diesel Bazán-MTU 16V1163 TB83, yang menghasilkan 5.600 tenaga kuda.
Kapal induk ringan dari Royal Thai Navy dapat mencapai kecepatan maksimum 25,5 knot dan kecepatan jelajah 17,2 knot.
Kisarannya sekitar 10.000 nmi pada 12 knot, dan hanya 7.150 nmi pada 16,5 knot.
Kapal perang itu memiliki kompi 62 perwira, 393 pelaut, dan 146 awak udara.
Hingga 675 personel tambahan dapat diangkut, biasanya dari Korps Marinir Kerajaan Thailand.
Persenjataan
Untuk pertahanan diri, Chakri Naruebet dilengkapi dengan tiga peluncur rudal permukaan-ke-udara Matra Sadral yang menembakkan rudal Mistral untuk menghadapi ancaman jarak jauh.
Untuk ancaman jarak dekat, setidaknya dilengkapi dua senapan mesin berat 12,7 mm.
Kapal ini juga dilengkapi dengan sistem peluncuran 8-sel Mark 41 Vertical untuk rudal Sea Sparrow, dan empat sistem senjata jarak dekat Phalanx.
Sensor dan Sistem Elektronik
Tentang sensor dan sistem pemrosesan onboard, ia dilengkapi dengan radar pencarian udara Hughes SPS-52C, yang beroperasi pada pita E / F.
Dia juga membawa 4 peluncur umpan SRBOC dan derek sonar derek SLQ-32 untuk menghadapi ancaman bawah air.
Sepasang sistem radar navigasi Kelvin-Hughes 1007 menyediakan kemampuan navigasi.
Airwings
Kekuatan kapal induk apa pun ada pada apa yang dapat diangkutnya.
Menariknya, Chakri Naruebet memang berperan sebagai carrier, tapi nyaris "tidak ada" sama sekali. Mengingat dimensinya yang sederhana, tidak jarang daya dukung kapal dibatasi dari 10 hingga 15 pesawat tergantung pada jenisnya.
Misalnya kalau membawa helikopter, dia bisa membawa lebih dari 10, tapi jika membawa pesawat tempur, jumlahnya berkurang. T
Melayani Chakra Naruebet, Bangkok telah membeli 9 jet AV-8S Matadors Spanyol.
Ini adalah jenis pesawat serang yang mampu lepas landas dan mendarat sebentar, sangat cocok untuk dek penerbangan Chakri Naruebet.
Meski kecil, Angkatan Laut Thailand sangat bangga dengan asetnya saat itu.
Kegiatan Angkatan Laut Kerajaan Thailand sejak saat itu akan memiliki kapal induk, senjata impian bagi sebagian besar negara maritim.
Dengan kapal ini, mereka bisa mendapatkan dukungan terbaik dalam operasi amfibi Thailand, patroli penjaga pantai dan zona ekonomi eksklusif, berpartisipasi dalam operasi bantuan bencana.
Krisis Keuangan Asia 1997
Namun, kegembiraan itu terlalu singkat.
Krisis Keuangan Asia 1997 menyebabkan Chakri Naruebet menderita kerugian bersama negaranya. Krisis berdampak kuat pada pertumbuhan ekonomi Thailand, yang memengaruhi anggaran operasi pengangkut.
Pada saat itu, anggaran tersedia untuk satu-satunya maskapai penerbangan Asia Tenggara yang beroperasi satu hari dalam sebulan, sisa waktu dihabiskan bersama sebagai "objek wisata paruh waktu" untuk menghasilkan uang.
Situasinya begitu buruk sehingga para ahli angkatan laut menganggap Chakri Naruebet sebagai "salah satu kapal pesiar kerajaan terbesar dan termahal di dunia" daripada sebuah kapal induk.
Media Thailand mengejeknya sebagai "Thai-tanic".
AV-8S Matadors berada dalam situasi yang sama. Kurangnya dana menyebabkan ketidakmampuan untuk membeli suku cadang, membuat pesawat ini tidak dapat dioperasikan.
Secara umum, meski belum pernah diakui, dapat dipastikan bahwa HTMS Chakri Naruebet merupakan investasi gagal dari Royal Thai Navy.
Dan ini juga menjadi pelajaran bagi pemerintah Thailand serta banyak negara lain saat meneliti pengadaan bersenjata.
(*)