Find Us On Social Media :

Tak Ada Lagi Ujian Nasional di Tahun 2021 Sebagai Syarat Kelulusan, Ini 4 Pilihan Penggantinya! Perhatian untuk Para Pelajar!

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 5 Februari 2021 | 08:00 WIB

Tak ada lagi Ujian Nasional di tahun 2021.

Intisari-Online.com – Wabah pandemi virus Covid-19 yang belum berakhir juga, membuat kita dihimbau untuk di rumah saja demi mencegah terpaparnya virus corona tersebut.

Tidak hanya bekerja dari rumah saja, anak-anak sekolah pun melakukan kegiatan belajar dari rumah atau pelajaran jarak jauh.

Lalu, bagaimana dengan anak-anak yang tahun ini akan lulus dari sekolahnya?

Bagi siswa yang kini duduk di kelas 6 SD/sederajat, kelas 9 SMP/sederajat dan kelas 12 SMA/sederajat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) resmi menghapus Ujian Nasional (UN) 2021.

Baca Juga: Virus Corona Menyebar di Indonesia Jelang UN 2020, Sekolah Boleh Gunakan Dana BOS untuk Beli Hand Sanitizer, Begini Protokol Selengkapnya dari Kemendikbud

Pertimbangan penghapusan UN dan ujian kesetaraan 2021, terkait kondisi penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat.

Untuk itu, Mendikbud Nadiem Makarim telah mengumumkan Surat Edaran (SE) Nomor 1 tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Menteri Nadiem, dalam surat edaran tersebut mengatakan perlu langkah responsif yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

"Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan," kata Nadiem, dilansir dari SE tersebut.

Baca Juga: Meski Ujian Nasional Dihapus Faktanya Menentukan Kelulusan Semakin Sulit, Murid akan Susah Lulus Jika Langgar Hal Ini