Find Us On Social Media :

Alamnya Hancur Lebur Sejak Merdeka dari Indonesia, Timor Leste Kini Malah Bisa Jualan 'Kredit Karbon', Uni Eropa Sampai Sumbang Puluhan Miliar Rupiah

By Tatik Ariyani, Kamis, 28 Januari 2021 | 19:20 WIB

Ilustrasi peta Timor Leste.

Intisari-Online.com - Sejak merdeka dari Indonesia, Timor Leste menghadapi berbagai permasalahan termasuk ekonomi hingga kerusakan alam.

Namun, berkat sebuah program, masalah kerusakan alam Timor Leste lambat laun berkurang dan bahkan negara itu kini berjualan 'kredit karbon'.

Kredit karbon adalah perdagangan emisi antar negara di mana negara yang emisi karbonnya rendah bisa menjual porsi emisi yang belum digunakan ke negara yang tingkat emisinya melebihi rata-rata.

Bagaimana semua itu bermula?

Baca Juga: Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Turun, Lebih Rendah Dibanding Negara yang Pernah Didudukinya

Berada di wilayah ketinggian di pegunungan Timor Leste, sekelompok petani subsisten mendapatkan penghasilan untuk bertahan hidup dengan menanam pohon untuk menentukan nasib masa depan sendiri dan komunitas.

Melansir World Economic Forum, Selasa (26/1/2021), program hutan kemasyarakatan WithOneSeed dimulai di Baguia, Timor Leste, pada tahun 2009.

Itu merupakan satu-satunya program penggantian kerugian karbon masyarakat bersertifikat Standar Emas (Gold Standard) di wilayah tersebut.

Sebagai usaha sosial masyarakat, WithOneSeed mendirikan pembibitan tanaman berbasis desa untuk menanam bibit dan kemudian memberikan insentif tahunan kepada pemilik lahan kecil untuk menghutankan kembali tanah mereka dengan menanam dan memelihara pohon.

Baca Juga: Jadi Benda Penting dalam Sejarah Kemerdekaan Timor Leste, Satu-satunya Bukti Video yang Merekam Tragedi Santa Cruz 'Selamat' dengan Cara Unik Ini