Find Us On Social Media :

Kisah Misteri Tak Terpecahkan Hilangnya Tiga Penjaga Mercusuar di Pulau Flannan; Sejarah Maritim Skotlandia yang Membingungkan

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 27 Januari 2021 | 11:05 WIB

Mercusuar di pulau Flannan.

Intisari-Online.com – Kapal uap translantik Archtor yang pertama kali menyadari ada yang tidak beres.

Dalam perjalanannya ke pelabuhan Leith dari Philadelphia, Archtor melewati mercusuar di pulau Flannan pada malam tanggal 15 Desember 1900 dan para kru melihat bahwa lampunya mati.

Setelah berlabuh di Leith tiga hari kemudian, berita itu diteruskan ke Dewan Mercusuar Utara bahwa ada sesuatu yang salah di Flannan.

Dewan mengirimkan kapal tender bantuan mercusuar Hesperus untuk menyelidiki.

Baca Juga: Kelicikan Malaysia Saat Menghambat Pembangunan Mercusuar Tercium Pasukan Katak TNI, Satu Prajurit Kopaskha Tanpa Senjata Nekat Hadapi 2 Kapal Perang Negeri Jiran Seorang Diri, Begini yang Terjadi Selanjutnya...

Sesampainya di pulau itu pada hari pengepakan, kapten kapal, Jim Harvie, membunyikan klaksonnya dan mengirimkan suar, berharap dapat mengingatkan tiga penjaga mercusuar, James Ducat, Thomas Marshall, dan William MacArthur. Tidak ada jawaban.

Turun dari Hesperus, penjaga mercusuar bantuan Joseph Moore menaiki seratus enam puluh anak tangga curam menuju mercusuar.

Tiga burung hitam raksasa bertengger di tebing di atasnya mengarahkan pandangan mereka pada kemajuannya.

Sesampai di kompleks mercusuar dan memasuki tempat tinggal, Moore memperhatikan bahwa jam di dinding dapur telah berhenti, meja telah disiapkan untuk makanan yang belum pernah dimakan dan sebuah kursi jatuh.

Baca Juga: Kenyataan Memilukan di Balik Berdengungnya Slogan Konservasi Panda di China, Ternyata Ada Ketidakseimbangan Ini