Find Us On Social Media :

Demi Cegah Penyebaran Varian Baru Covid-19, Joe Biden Larang Warga Negara Non-AS Masuk ke Amerika Bahkan Perketat yang Pernah Ke Eropa, Brasil, Apalagi Afrika Selatan

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 26 Januari 2021 | 08:10 WIB

Joe Biden, presiden Amerika Serikat.

Intisari-Online.com – Virus Covid-19 semakin hari rasanya semakin sulit dibendung, bahkan muncul varian baru, ini menyebabkan bertambahnya pasien yang terpapar.

Tidak hanya di Indonesia, bahkan di negara lain pun demikian.

Dalam upaya menahan penyebaran varian baru Covid-19, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberlakukan larangan bagi sebagian besar warga negara non-AS yang baru-baru ini melakukan pejalanan ke Afrika Selatan.

Hal itu diungkapkan oleh pejabat kesehatan senior kepada Reuters.

Baca Juga: Inilah Kecanggihan ‘The Beast’ Mobil Kepresidenan yang Digunakan Joe Biden dan Pernah Dipakai Donald Trump, Mobil Teraman di Dunia dengan Tangki Bahan Bakar Dilapisi Baja

Tak hanya itu, Biden pada hari Senin juga memberlakukan kembali larangan masuk pada hampir semua pelancong non-AS yang pernah berada di Brasil, Inggris Raya, Irlandia, dan 26 negara di Eropa yang mengizinkan perjalanan melintasi perbatasan terbuka.

“Kami menambahkan Afrika Selatan ke daftar terbatas karena varian yang mengkhawatirkan yang telah menyebar ke luar Afrika Selatan,” kata Dr. Anne Schuchat, wakil direktur utama CDC, dalam sebuah wawancara hari Minggu.

Dia menambahkan badan tersebut menerapkan serangkaian tindakan ini untuk melindungi warga Amerika, serta untuk mengurangi risiko penyebaran varian baru yang bisa memperburuk pandemi saat ini.

Reuters memberitakan, Presiden AS Donald Trump pada 18 Januari memerintahkan pencabutan pembatasan untuk  Brasil dan Eropa mulai Selasa. Akan tetapi, Biden membatalkan keputusan itu.

Baca Juga: Lebih dari 25.000 Garda Nasional Amankan Pelantikan Joe Biden, Banyak yang Terlantar dan Membuat Prihatin hingga Presiden Minta Maaf