Find Us On Social Media :

Kemitraan Indonesia dengan Korea Utara Sudah Lama Dilakukan, Tapi Perusahaan Kertas Rokok Ini Malah Bisa Kena Sanksi dari AS Karena Berdagang dengan Korea Utara, Apa Salahnya?

By Maymunah Nasution, Selasa, 19 Januari 2021 | 12:22 WIB

Bendera Korea Utara. Ilustrasi negara paling korup du dunia.

Intisari-online.com - Menjadi salah satu negara paling misterius di dunia, banyak pertanyaan mengenai Korea Utara yang belum terungkap.

Salah satunya adalah dengan siapa saja Korea Utara laksanakan perdagangan bilateral.

Lebih-lebih setelah sanksi PBB dan AS dijatuhkan kepada negara itu.

Sejak 2017 lalu, draf sanksi AS yang disetujui adalah membatasi perdagangan Korea Utara dengan negara mitra termasuk larangan impor minyak, ekspor tekstil dan berakhirnya kontrak pekerja Korea Utara di luar negeri.

Baca Juga: Pertahankan Posisi, Militer Indonesia Kembali Masuk dalam Daftar 20 Militer Terkuat di Dunia, Duduki Peringkat ke-16 dan Kalahkan Israel, Korea Utara, hingga Australia!

Sejauh ini tercatat negara yang menjadi mitra Korea Utara adalah China, India, Pakistan, Rusia, Burkina Faso, Filipina, dan Thailand.

Sementara itu Indonesia juga memiliki hubungan dagang yang terbentuk sejak lama dengan Korea Utara.

Namun baru-baru ini, perusahaan Indonesia didenda oleh Departemen Kehakiman AS karena sindikat perdagangan dengan Korea Utara.

Dilansir dari situr resmi Departemen Kehakiman AS justice.gov, PT Bukit Muria Jaya, perusahaan pemasok global produk kertas rokok mengakui telah melakukan penipuan bank sehubungan dengan pengiriman produk kepada pelanggan Korea Utara.

Baca Juga: Betapa Piciknya Trump, Dia yang Jadikan Vietnam 'Pemenang' dalam Perang Dagang, Dia Juga yang Ngebet Jatuhkan Sanksi