Find Us On Social Media :

Negara Afrika Ini Termasuk Negara Paling Korup di Dunia, Presidennya Banyak Dituduh Lakukan Korupsi Tapi Masih Bertahan Bahkan setelah Serangkaian Upaya Kudeta

By Khaerunisa, Senin, 18 Januari 2021 | 19:20 WIB

Guinea Ekuatorial. Salah Satu negara paling korup di dunia

Intisari-Online.com - Guinea Ekuatorial merupakan salah satu negara paling korup di dunia.

Korupsi, kemiskinan, dan penindasan terhadap hak-hak sipil dan politik terus merongrong hak asasi manusia di Guinea Ekuatorial.

Korupsi tingkat tinggi, dan pelanggaran hak asasi manusia yang serius terus berlanjut, termasuk penindasan terhadap kelompok masyarakat sipil dan politisi oposisi, penyiksaan, dan pengadilan yang tidak adil, menurut Human Right Watch.

Guinea Ekuatorial hanya memiliki skor transparani 16, menurut Transparency International 2019, yang menunjukkan betapa korup negara ini.

Baca Juga: Korea Utara Salah Satu Negara Paling Korup di Dunia, Ini Negara-negara yang Dianggap Lebih Korup dari Negara Paling Tertutup Itu

Skor transparansi negara tersebut sama dengan beberapa negara, di antaranya Venezuela, Sudan, dan Afghanistan.

Menurut data tersebut, negara-negara yang dianggap lebih korup daripada Guinea Ekuatorial hanyalah Yaman, Suriah, Sudan Selatan, dan Somalia.

Korupsi tumbuh subur di negara ini, bahkan Presidennya, Teodoro Obiang, telah banyak dituduh melakukan korupsi.

Meski begitu, ia tetap masih berhasil mempertahankan kekuasaanya dan menjadi Presiden terlama, bahkan setelah serangkaian upaya kudeta untuk menggulingkannya.