Find Us On Social Media :

Menjadi Pasukan Khusus Terbaik di Dunia, Kematangan Taktik Tempur SAS Inggris Tak Lepas dari Pengalamannya Terjun di Belantara Kalimantan Hadapi Pasukan Indonesia Ini

By Khaerunisa, Sabtu, 16 Januari 2021 | 19:55 WIB

(ilustrasi) Menjadi Pasukan Khusus Terbaik di Dunia, Kematangan Taktik Tempur SAS Inggris Tak Lepas dari Pengalamannya Terjun di Belantara Kalimantan Hadapi Pasukan Indonesia Ini

Intisari-Online.com - Salah satu pasukan khusus terbaik di dunia, SAS Inggris, pernah diterjunkan ke belantara Kalimantan pada tahun 60-an.

 

Mereka harus menghadapi pasukan Indonesia yang kala itu berkonfrontasi dengan Malaysia.

Inggris mengirimkan pasukan khususnya itu untuk bertempur di pihak Malaysia.

Reputasi dan kemampuan pasukan elite Inggris sendiri dikenal banyak pengamat pertahanan dan keamanan (hankam) dunia setara dengan mottonya yang melegenda, “Who Dares Wins”.

Baca Juga: 10 Pasukan Khusus Terbaik di Dunia, Salah Satunya GIS Italia yang Terkenal dengan Keahlian Menembaknya!

SAS adalah panutan dari profil pasukan khusus yang tak mau dikenal, serba hitam, dan amat responsif terhadap segala macam kegiatan teroris.

Derajat keterkenalannya menggunung seiring dengan pengalaman tempur yang mendunia.

Berawal dari medan laga di Afrika Utara, SAS telah melanglangbuana hingga ke Timur Tengah, Kenya, Oman, Falkland, bahkan Kalimantan.

Itu sebabnya ketika pada 30 April 1980 terjadi penyanderaan di Kedubes Iran di London, kejadian ini terbilang paling konyol dari sebuah kelompok teroris yang ingin cari perhatian dunia.