Find Us On Social Media :

Vaksinasi Covid-19 Sudah Dimulai! Meski Digratiskan untuk Masyarakat, Nyatanya 15 Orang dengan Kondisi Berikut Ini Tidak Bisa Disuntik Vaksin Covid-19

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 16 Januari 2021 | 08:00 WIB

Ilustrasi vaksin virus corona.

Intisari-Online.com – Wabah pandemi virus corona yang juga melanda Indonesia ini sudah hampir setahun dan menantikan vaksin untuk memutus penyebaran virus Covid-19.

Kini, vaksin Covid-19 sudah dibuat dan sedang ‘disebar’ ke seluruh dunia, bahkan sudah sampai juga ke Indonesia.

Indonesia telah memulai vaksinasi Covid-19 pada Rabu (13/1/2021) lalu.

Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang menerima vaksin Covid-19 di Istana Merdeka.

Baca Juga: Bukan Salah Strategi, Ternyata Ada Alasan Kenapa Lansia di Indonesia Tidak Diberi Vaksin Terlebih Dahulu, Meski Media Luar Negeri Banyak yang Mengkritiknya

Vaksinasi Covid-19 ini dilakukan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Sinovac pada Senin (11/1/2021).

Bagi masyarakat, sebelum melakukan vaksinasi Covid-19, ada beberapa hal yang kiranya perlu diperhatikan.

Salah satunya, yakni terkait dengan kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilakukan suntik vaksin.

Dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes No. HK. 02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), terlampir Format Skrining Sebelum Vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Sudah Disuntikkan Pertama Kali kepada Presiden Joko Widodo, Setelah Masyarakat Menerima Vaksin Covid-19, Berapa Lama Kekebalan Tubuh Akan Terbentuk, Begini Penjelasan Dokter!