Find Us On Social Media :

Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182 Membuat Dunia Keheranan Mengapa Sering Terjadi Kecelakaan Pesawat di Indonesia, Negara Ini Sampai Pernah Melarang Indonesia Beroperasi di Negaranya

By Afif Khoirul M, Selasa, 12 Januari 2021 | 09:11 WIB

Aparat gabungan telah mengumpulkan temuan soal jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Intisari-online.com - Maskapai penerbangan Indonesia kembali berduka, pada 9 Januari 2021, sebuah kecelakaan pesawat kembali terjadi.

Pesawar Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ182 jatuh, saat berangkat dari Jakarta menuju Pontianak.

Pesawat itu membawa 62 orang, jatuh ke perairan dekat Kepulauan Seribu, tak lama setelah lepas landas.

Hal ini membuat perhatian publik dunia atas penerbangan di Asia Tenggara terutama di Indonesia, yang sering melaporkan kecelakaan pesawat.

Baca Juga: Bertindak Jadi Malaikat untuk Bumi Lorosae, Pemerintah Australia Rupanya Malah Layaknya Alergi Terhadap Kemiskinan Timor Leste, Sampai Biarkan Pengungsi Mereka Terombang-ambing

Menurut 24h.com.vn, pada Senin (11/1/21), dilaporkan Indonesia memegang rekor banyak dalam industri penerbangan masalah kecelakaan pesawat, dibandingkan negara lain di Asia.

Sejak 1945, kecelakaan pesawat sering terjadi di Indonesia, dikaitkan dengan pelatihan pilot yang lemah, cacat mekanis pesawat, masalah kontrol lalu lintas udara, dan perawatan yang buruk.

Pada 28 Desember 2014, pesawat Airbus A320-200 AirAsia Indonesia QZ8501 menghilang saat perjalanan dari Surabaya ke Singapura.

Membawa 162 penumpang tewas di dalamnya, penyebabnya diumumkan sebagai kesalahan sistem kendali operasi kemudi dan pilot.

Baca Juga: Dugaan Baru Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182, Hancur Karena Membentur Permukaan Laut Bukan Meledak di Udara