Find Us On Social Media :

Cengkeraman Kim Jong-un pada Korea Utara Makin Kuat Setelah Mendapat Gelar Ini, Sementara Adiknya Makin Tenggelam Meski Telah Setia pada Kim

By Tatik Ariyani, Senin, 11 Januari 2021 | 20:10 WIB

Kim Jong Un berpose dengan seragam militer.

Intisari-Online.com - Pada hari Senin, media pemerintah Korea Utara melaporkan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dinobatkan sebagai "sekretaris jenderal" Partai Buruh.

Posisi itu sebelumnya dipegang oleh mendiang ayah Kim Jong Il dan kakeknya Kim Il Sung.

Posisi itu dianggap sebagai sebuah langkah yang tampaknya ditujukan untuk memperkuat otoritasnya di tengah tantangan ekonomi yang berkembang.

Kongres berkelanjutan Partai Buruh mengumumkan gelar baru Kim ketika partai yang berkuasa mengadakan pemilihan untuk komite pusatnya.

Baca Juga: Pengawal Kuak Cara Soeharto Hadapi Detik-detik Mencekam Saat Diincar Penembak Jitu di Bosnia, Terjadilah Hal Tak Terduga Ini

Melansir Al Jazeera, Senin (11/1/2021), pernyataan kongres mengatakan Kim "telah dengan mulia mewujudkan misi bersejarah untuk menyelesaikan rencana pembangunan nuklir negara itu," menurut Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi.

Penunjukan itu sebagian besar bersifat simbolis karena Kim sudah menjadi pemimpin tertinggi partai yang berkuasa.

Selama kongres partai 2016, Kim diangkat sebagai "ketua partai", setara dengan "sekretaris jenderal" yang dipegang oleh ayahnya dan kakeknya.

Sebelum kongres 2016, Kim Jong-un pernah memimpin partai dengan gelar "sekretaris pertama".

Baca Juga: Meski Jadi yang Pertama Kali Berniat Nikahi Drupadi, Rupanya Arjuna Bukan Suami yang Paling Mencintainya dari Lima Suami Pandawa