Find Us On Social Media :

Bank Dunia Bocorkan Daftar Utang 120 Negara di Dunia, Indonesia Ternyata Masuk Daftar 10 Besar di Urutan Ini, Benarkah Utang Indonesia Sudah Sangat Mengkhawatirkan?

By Afif Khoirul M, Sabtu, 9 Januari 2021 | 17:26 WIB

Ilustrasi-tumpukan uang.

Intisari-online.com - Saat ini status utang negara memang terkadang membuat penasaran banyak orang.

Terlebih berada di posisi manakah status utang Indonesia saat ini jika dibanding negara-negara lain.

Kali ini mungkin rasa penasaran Anda akan terjawab, karena sebuah daftar utang negara-negara di dunia dirilis, dan di dalamnya ada nama Indonesia.

Melansir Tribunnews, Bank Dunia merilis data utang luar negeri dari 120 negara berpendapatan rendah hingga sedang dalam International Debt Statistics (IDS) 2021.

Baca Juga: Seiring Ucapan Selamat Liburan yang Dikirimnya, Dokter Ini Lunasi Utang 200 Pasiennya Senilai Rp9 Miliar, Tujuannya?

Data World Bank mencatat, jumlah arus keuangan baik utang luar negeri dan modal asing di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah tahun 2019 hanya mencapai US$ 909,7 miliar.

Jumlah tersebut merosok 14,25% dibanding posisi tahun 2018.

Utang luar negeri tercatat mengalami penurunan paling besar mencapai 28,03% menjadi US$ 382,8 miliar.

Sedangkan arus modal asing ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah tahun 2019 hanya turun 0,4% menjadi US$ 526,9 miliar.

Baca Juga: Ketika Negara Lain Kelilit Utang hingga Nyaris Bangkrut Karena Covid-19, China Justru Sukses Berantas Kemiskinan, Xi Jinping: Ekonomi China Tumbuh Meski Ada Virus Corona