Find Us On Social Media :

Kisah Betty Chapman ‘Nyonya Zigzag’, Istri Agen Ganda Terkenal Perang Dunia Kedua, yang Bisa Jalani Hidup Glamor Tanpa Suaminya Selama Perang

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 9 Januari 2021 | 11:05 WIB

Betty Chapman, 'nyonya Zigzag'

Intisari-Online.com – Betty Chapman paling dikenal sebagai 'Nyonya Zigzag', istri Eddie Chapman atau 'Agen Zigzag', agen ganda paling terkenal dari Perang Dunia Kedua, tetapi dia adalah wanita yang luar biasa dalam dirinya sendiri.

Ron Bonewitz adalah teman dekat Betty Chapman dan mengenalnya dan mendiang suaminya, Eddie. Di sini dia berbagi pemikirannya tentang wanita yang benar-benar luar biasa.

Saya diperkenalkan dengan Betty dan Eddie oleh penulis dan terapis terkenal Lilian Verner-Bonds, seorang teman Chapman selama beberapa dekade.

Dia tahu bahwa Betty adalah orang yang luar biasa, dan mendorong saya untuk menulis buku itu selama hampir sepuluh tahun.

Baca Juga: Kisah Perampok dan Pencuri yang Direkrut Jadi Agen Ganda Inggris Bahkan Dianggap Pahlawan dan Diberi Bayaran yang Cukup Besar Hingga Pensiun dengan Nyaman

Waktunya tidak tepat sampai saat ini, ketika cerita Betty terbukti seperti yang dijanjikan.

Bagi Betty, apa bagian tersulit menikah dengan Eddie?

Dari semua percakapan saya dengan Betty, hal yang paling membuatnya kesal adalah kurangnya pengakuan dari pemerintah; dia masih marah sampai hari ini.

Dia ada di luar sana, mempertaruhkan nyawanya, dan pemerintah bahkan tidak mengakui kontribusinya.

Baca Juga: Berawal dari Mata-mata 'Amatiran', Juan Pujol Sukses Jadi Agen Ganda untuk Hitler dan Inggris Tanpa Ketahuan, Bahkan Dapat Penghargaan Tertinggi, Bagaimana Bisa?