Find Us On Social Media :

Kisah Perampok dan Pencuri yang Direkrut Jadi Agen Ganda Inggris Bahkan Dianggap Pahlawan dan Diberi Bayaran yang Cukup Besar Hingga Pensiun dengan Nyaman

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:00 WIB

Eddie Chapman, perampok dan pencuri yang menjadi agen ganda Inggris.

Intisari-Online.com – Rupanya tidak semua penjahat hanya berkonsentrasi pada bulu-bulu sarangnya sendiri, bahkan ada beberapa kriminal dianggap sebagai pahlawan.

Beberapa membiarkan naluri patriotik mereka muncul ke permukaan dan mendukung upaya perang.

Mungkin yang paling terkenal adalah perampok dan pencuri, Eddie Chapman, yang direkrut oleh MI5 dan menjadi agen ganda Inggris.

Eddie Chapman adalah penjahat profesional pada tahun-tahun sebelum Perang Dunia Kedua.

Baca Juga: Mengenal Racun Novichok, Dibuat di Era Soviet dan Masih Jadi Agen Pembunuh Terkuat Bagi Mata-mata Rusia Sampai Sekarang, Berikut Deretan Kasus yang Libatkan Racun Mematikan Ini

Dia adalah anggota dari "geng jelly", yang mengkhususkan diri dalam merampok lemari besi dengan meniupnya hingga terbuka menggunakan bahan peledak gelignit.

Keahliannya sebagai pencuri menghasilkan banyak uang dan memungkinkannya menjalani kehidupan playboy kaya di Soho, bergaul dengan orang-orang seperti Noel Coward, Ivor Novello, dan Marlene Dietrich.

Pada awal 1939, bagaimanapun, dia diburu oleh polisi dan melarikan diri ke Jersey, melansir dari mi5.gov.uk.

Dia ditangkap oleh polisi Jersey pada Februari 1939 setelah merampok klub malam dan dijatuhi hukuman dua tahun penjara, dengan tambahan satu tahun setelah percobaan melarikan diri pada September 1939.

Baca Juga: Lolos dari Maut Ketika Indonesia Invasi Timor Leste, Inilah Bella Galhos Pemberontak Timor Leste yang Berhasil Jadi Agen Ganda Menyusup sebagai Tentara Indonesia