Find Us On Social Media :

‘Karena Pertahanan Wilayah Dan Keselamatan Rakyat Inggris Harus Diutamakan’ Inggris Bikin Rudal Senilai Rp10 Triliun Demi Tingkatkan Kemampuan Jet Siluman F-35B

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 7 Januari 2021 | 08:25 WIB

Jet tempur F-35B.

Intisari-Online.comJet tempur F-35B merupakan pesawat F-35 generasi kelima dan saat ini berada di kapal USS Essex.

Ini merupakan jet tempur terbaik yang dimiliki oleh Amerika Serikat.

F-35B adalah salah satu dari tiga varian pesawat F-35 dan satu-satunya yang memiliki kemampuan untuk mendarat secara vertikal seperti helikopter.

Inggris menandatangani kontrak senilai 550 juta pound, sekitar Rp 10,38 triliun, dengan produsen senjata MBDA untuk memproduksi rudal udara-ke-permukaan untuk jet tempur siluman F-35B.

Baca Juga: Ingin Taklukkan Taiwan Tanpa Peperangan, Nyatanya Jet-jet Tempur China Lakukan ‘Serangan’ Hingga 380 Kali ke Pertahanan Taiwan, Rekor!

Mengutip Reuters, Inggris membuat rudal baru bertajuk SPEAR3 yang akan meningkatkan kemampuan tempur jet tempur siluman F-35B Angkatan Udara Kerajaan di masa depan, sekaligus membuka lebih dari 700 lapangan kerja baru.

MBDA adalah produsen senjata yang sahamnnya dimiliki perusahaan pertahanan Inggris BAE Systems, raksasa kedirgantaraan Eropa Airbus, dan perusahaan pertahanan Italia Leonardo Company.

Pada November tahun lalu, Inggris mengumumkan peningkatan belanja militer terbesarnya sejak Perang Dingin, berjanji untuk mengakhiri "era kemunduran".

Baca Juga: Dengan Dana Terbatas, Jepang Berusaha Bangun Jet Tempur Sendiri Setelah 75 Tahun Lamanya Tidak Kembangkan Militer Mereka Sendiri, Desain Monster 'Godzilla' Malah yang Dipilih Jadi Konsep Utama