Find Us On Social Media :

Israel Berencana Tambah Satu Skuadron F-35, Rupanya Jet Tempur F-35 Milik Israel Memang Beda, Ini Keistimewaan yang Tak Dimiliki F-35 Negara Lain

By Tatik Ariyani, Senin, 4 Januari 2021 | 16:48 WIB

F-35

Intisari-Online.com - Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mengatakan pada hari Senin bahwa dia ingin negara tersebut membeli skuadron ketiga pesawat tempur siluman F-35 dari Amerika Serikat untuk saat ini sambil mengalokasikan dana untuk kemungkinan pembelian jet F-15 baru.

"Saat ini kami memiliki dua (F-35) skuadron. Saya rasa kami akan memperluasnya. Itulah yang saya minta dari Amerika," kata Gantz kepada Ynet TV.

Mengutip The Jerusalem Post, Senin (4/1/2021), Gantz menambahkan, "Saya akan membeli skuadron F-35 lain dan kemudian memeriksa apa yang harus dilakukan dengan keseimbangan - terus memperluas (pengadaan) F-35, untuk F-15?"

Tahukah Anda jika jet tempur siluman F-35 milik Israel itu satu-satunya di dunia, istimewa dibandingkan dengan F-35 yang dimiliki oleh negara lain?

Baca Juga: Jadi Kunci Keunggulan Militer Amerika Serikat, Dua Jet Tempur Siluman Ini Ungkap Kelemahannya Sendiri Setelah Dipakai Bertanding Dalam Satu Laga, 'Tak Ada Silumannya Sama Sekali!'

Amerika Serikat telah menyediakan pesawat tempur top-of-the-line untuk membantu mempertahankan Israel dari serangan selama lima puluh tahun.

Pengerahan F-35 Joint Strike Fighter Israel, yang dikenal secara lokal sebagai Adir, melanjutkan tradisi itu bahkan ketika negara itu menempatkan sentuhan teknologinya sendiri pada pesawat tempur generasi kelima.

Tidak seperti pelanggan F-35 lainnya, Israel memodifikasi pesawat tempurnya sejak awal untuk mengatasi tantangan keamanan unik dan kemampuan teknologi negara.

Amerika Serikat mulai mengirim pesawat tempur lini pertama ke Israel pada akhir 1960-an, ketika F-4E Phantom II bergabung dengan Angkatan Udara Israel.

Baca Juga: Masalah Uang Selalu Jadi Pemicunya, Rusia Akhirnya Bisa Babat Habis Militer AS Setelah Jet Tempur Mematikan ini Sudah Masuk dalam Militer Rusia, Seperti Apa?