Find Us On Social Media :

Punya Sejarah Panjang Konflik Perbatasan, Ini Perbandingan Kekuatan Militer China dan India

By Khaerunisa, Minggu, 3 Januari 2021 | 14:40 WIB

ilustrasi perbandingan kekuatan militer China dan India

Intisari-Online.com - Seperti apa perbandingan kekuatan militer China dan India? Negara bertetangga yang punya sejarah konflik panjang di perbatasan.

Sampai saat ini kedua negara belum menyepakati panjang perbatasan 'Garis Kontrol Aktual' atau LAC.

Pembicaan yang dilakukan tidak membuahkan hasil, bahkan pada Juni 2020 justru bentrokan tanpa senjata api pecah, menyebabkan puluhan tentara India tewas.

Kini, China dan India tengah melakukan konsultasi untuk mengadakan pertemuan tingkat komandan korps putaran ke-9, seorang juru bicara militer China mengatakan pada hari Kamis, dikutip dari Global Times (31/12/2020).

Baca Juga: 7 Militer Paling Kuat di Asia, Iran yang Kini Tengah Terlibat Ketegangan dengan AS Berada di Urutan ke-7, Militer Negara Mana yang Mengunggulinya?

Kedua belah pihak telah mempertahankan konsultasi tentang pelepasan pasukan garis depan dan memperkuat manajemen pasukan perbatasan sejak putaran ke-8 pertemuan tingkat komandan korps China-India yang diadakan pada bulan November, Tan Kefei, juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional, mengatakan pada konferensi pers, menambahkan bahwa situasi di daerah perbatasan umumnya stabil.

Dikatakan bahwa China bersedia untuk menjaga komunikasi dengan India melalui saluran militer dan diplomatik, kata Tan.

Ia juga mengungkapkan harapan bahwa India akan bekerja dengan China untuk tujuan yang sama, menerapkan konsensus yang dicapai pada pertemuan tersebut, dan mengambil langkah-langkah konkret untuk lebih meredakan ketegangan di daerah perbatasan.

Konflik perbatasan China-India sendiri setidaknya dimulai pada 1959, di mana India mewarisi perselisihan perbatasan dengan China dari penguasa kolonial Inggris, yang menjadi tuan rumah konferensi 1914 dengan pemerintah Tibet dan Cina untuk mengatur perbatasan, dikutip Kompas.com.