Find Us On Social Media :

Mengintip Perbandingan Kekuatan Militer Iran dan AS, Gencar Beredar Teori Trump Rencanakan Ini sebelum Tinggalkan Jabatannya

By Khaerunisa, Rabu, 30 Desember 2020 | 16:15 WIB

Ilustrasi perbandingan kekuatan militer Iran dan AS

Intisari-Online.com - Seperti apa perbandingan kekuatan militer Iran dan AS? Di masa akhir jabatan Presiden Donald Trump, justru banyak pihak khawatir akan pecahnya konflik dua negara tersebut.

Mengutip Al-Monitor (29/12/2020), Menurut berbagai teori yang beredar di Timur Tengah, Trump merencanakan serangan pre-emptive di Iran tepat sebelum dia meninggalkan jabatannya.

Teori tersebut didasarkan pada rumor dan detail peristiwa aktual, seperti pembom AS di wilayah tersebut, kapal selam dan kapal induk menuju Teluk Persia dan tentu saja, dan pemecatan Trump atas menteri pertahanannya tak lama setelah pemilihan November.

Dikatakan bahwa sumber diplomatik mengacu pada laporan intelijen yang mencapai Israel dan Amerika Serikat mengenai rencana pembalasan balas dendam Iran. Oleh karena itu, Israel dan Amerika Serikat mungkin terlibat dalam tindakan pencegahan.

Baca Juga: Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Iran, Kapal Selam Israel Lewati Kawasan Sensitif Ini Membuat Iran 'Naik Darah', Siap Perang?

Salah satu tindakan yang disebut sebagai upaya pencegahan adalah dikirimnya kapal selam ke arah Iran.

Dua kapal selam berangkat dari pelabuhan yang berbeda beberapa minggu lalu.

Salah satunya adalah kapal selam berpeluru kendali Angkatan Laut AS Georgia, kapal selam serang nuklir.

Yang lainnya adalah kapal selam berbendera Israel , kapal selam kelas Dolphin bertenaga diesel yang sering digunakan untuk pengumpulan intelijen, yang melintasi Terusan Suez tiga minggu lalu.