Penulis
Intisari-Online.com - Gereja Lalibela dibangun oleh raja Ethiopia pada akhir abad ke-12 untuk mendirikan Yerusalem kedua, menarik perhatian luas dengan arsitektur dan simbolnya.
Gereja-gereja Lalibela di Ethiopia adalah bagian dari arsitektur yang memukau pengunjung dengan konstruksi bawah tanah mereka.
Wilayah itu disebut "Yerusalem Etiopia" karena Raja Ethiopia Gebre Mesqel Lalibela ingin membangun Yerusalem kedua di daerah itu karena jalan menuju Yerusalem tidak aman.
Setiap bangunan, dibangun di bawah tanah sehingga musuh tidak dapat mengenalinya, membantu memahami kehidupan religius yang kuat di Ethiopia selama waktu itu melalui simbol-simbol yang mereka refleksikan.
11 gereja batu di kota Lalibela, dinamai menurut nama raja, di wilayah Amhara adalah tempat di mana orang Etiopia secara teratur beribadah dan datang berziarah.
Mereka dibanjiri wisatawan setiap periode sepanjang tahun.
Lalibela adalah cerminan penting dari budaya Kristen di Ethiopia, sebagai salah satu negara bagian yang diperkenalkan pada agama Kristen pada awal abad keempat dan menerimanya sebagai agama resmi pertama.
Detail simbol
Menjelang akhir abad ke-12, ketika Raja Lalibela, yang memerintah antara tahun 1181 dan 1221, memulai pembangunan gereja-gereja, bertepatan dengan periode setelah Salah ad-Din Ayyub menaklukkan Yerusalem dengan pasukannya.
Gereja-gereja, yang terhubung satu sama lain melalui terowongan dan koridor dan dibangun dalam ukuran berbeda, dilindungi oleh para pendeta yang bertanggung jawab di sini.
Sungai yang melewati kota itu diberi nama Sungai Jordan seperti di Palestina, sedangkan di Gereja Biet Golgota juga terdapat replika makam Yesus.
Di gereja-gereja, tokoh-tokoh religius penting dari Gereja Ortodoks Ethiopia selain gambaran Yesus dan Perawan Maria dipajang.
Fasad luar Gereja Biete Meskel dikelilingi oleh 10 lengkungan tumpul, simbol dari 10 Perintah di Perjanjian Lama.
Permukaan luar gereja, sebuah swastika, salib Santo Andreas dan salib Yunani diberi peringkat berdampingan.
Dibangun dalam 23 tahun
Berbicara kepada Anadolu Agency, Pendeta Gereja Golgota Belay Habetamu menjelaskan tentang sejarah Lalibela.
Memperhatikan bahwa Yesus Kristus berbicara dengan Raja Lalibela dengan hanya menampakkan diri kepadanya, Habetamu berkata, "Yesus memerintahkan dia untuk membangun gereja dengan mengukir batu untuk membuat Yerusalem kedua."
"Yesus dan para malaikat memelopori pembangunan gereja."
Mengacu pada Raja Lalibela sebagai pendeta pada saat yang sama, dia berkata, "Pembangunan gereja selesai dalam 23 tahun."
Beberapa gereja di Lalibela, yang masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO sejak 1978 dan menimbulkan kritik bagi pemerintah karena tidak terlindungi dengan baik, ditutup dengan tempat penampungan untuk mencegah kerusakan akibat hujan.
Gereja Saint George, yang dibangun terakhir di antara 11 gereja dan memiliki langit-langit berbentuk gereja, adalah yang paling luar biasa.
Abiy Tesfakiros, yang telah menjadi pemandu selama hampir 10 tahun, mengatakan bahwa gereja ini dibangun sebagai gereja tiga lantai, terinspirasi dari bahtera Nuh.
Tesfakiros menekankan bahwa gereja tidak memiliki jendela di bagian bawah lantai untuk mencerminkan bagian dari bahtera yang berada di bawah laut.
Dia berkata bahwa bagian miring di bagian belakang gereja melambangkan gunung tempat bahtera Nuh berpijak.
Banjir turis
Menarik perhatian pada kehidupan sehari-hari bersama dengan entitas budaya, Lalibela memberi kesan tak tersentuh selama ratusan tahun.
Masyarakat di Lalibela, yang pernah menjadi ibu kota Ethiopia, melanjutkan pertanian tradisional tanpa terpengaruh oleh kecepatan perubahan di negara tersebut.
Kota, yang tidak memiliki polisi atau staf keamanan di jalan-jalan, membangkitkan perasaan berada di tanah negara lain di luar perbatasan Ethiopia.
Sumber pendapatan terpenting di kota yang terletak di ketinggian hampir 2.600 meter ini adalah pariwisata.
Sarah Polin, yang datang dari Jerman untuk melihat Lalibela, menyatakan bahwa dia belum pernah melihat pekerjaan seperti itu sebelumnya dalam hidupnya.
Dia merasa luar biasa bahwa gereja-gereja ini dibangun berabad-abad yang lalu.
Bagi Polin, menyembah orang Etiopia di gereja-gereja ini menunjukkan betapa kuatnya keyakinan agama mereka.
"Gereja-gereja ini mengungkapkan bahwa Ethiopia memiliki masa lalu yang berbeda."
Tempat lain yang juga dikunjungi oleh mereka yang mengunjungi kota ini adalah pasar, yang dibanjiri oleh ribuan orang setiap minggu.
Orang-orang yang tinggal di desa terdekat, dan terlibat dalam praktik peternakan dan pertanian, datang ke kota setiap Sabtu untuk menjual produk mereka dan berbelanja.
Penduduk desa, yang menuruni bukit dengan beban berkelompok, membuat kerumunan besar di area pasar kota.
Hanya 200 Muslim
Meski hampir separuh populasi di Ethiopia adalah Muslim, hanya ada sekitar 200 Muslim yang tinggal di kota dengan populasi hampir 50.000 ini.
Di kota tidak ada masjid, dan umat Islam hanya pergi ke pusat perbelanjaan bazaar, dan tinggal di daerah luar kota.
Yusuf Memi, seorang penduduk Muslim mengatakan bahwa dia datang ke Lalibela bersama keluarganya pada tahun 1980-an dan bahwa dia tinggal di luar kota dan bekerja di pertanian.
Memperhatikan bahwa dia mendirikan yayasan agar umat Islam dapat melakukan pekerjaan sosial mereka, Memi berkata, "Kami hidup dalam damai sekarang. Namun, ada tekanan sosial pada kami sebagai Muslim."
Memi menggarisbawahi bahwa ada masjid di luar kota dan total penduduk Muslim di sini sekitar 200 orang.
(*)