Penulis
Intisari-Online.com - Segera setelah serangan B-25 Kolonel James Doolittle menghantam Jepang pada bulan April 1942, Jepang berusaha untuk melampiaskan dendam pada Amerika Serikat, tetapi pada tahun 1944 pemboman udara yang menghancurkan Jepang oleh Amerika menjadi terlalu teratur.
Rencana untuk melumpuhkan kanal –– yang melaluinya Amerika Serikat menyalurkan sumber daya militer dari Atlantik ke Pasifik tanpa perjalanan panjang di sekitar ujung selatan Amerika Selatan –– telah menjadi gagasan Laksamana Isoroku Yamamoto, arsitek serangan Jepang di Pearl Harbor.
Rencana tersebut menyerukan pemboman udara dengan pesawat serang yang dirancang khusus diluncurkan dari kapal selam yang muncul.
Kapal selam itu, Sensuika, atau I-400 Series, akan menjadi kapal selam terbesar di dunia selama beberapa dekade mendatang.
Pada pertengahan 1942, Yamamoto meramalkan dua hal: betapa rentannya Jepang terhadap pemboman udara Amerika dan bagaimana Jepang dapat membalasnya terhadap tanah Amerika.
Dari situ ia membayangkan 18 kapal selam besar –– pada dasarnya kapal induk bawah air –– yang bisa mengangkut pembom serang ke sasaran mereka.
Meskipun rencana Yamamoto membayangkan dua pesawat per kapal selam untuk menyerang kota-kota garis pantai Amerika, pada kenyataannya setiap I-400 dirancang untuk mengangkut tiga pesawat Aichi M6A Seiran "Mountain Haze".
Konstruksi raksasa Sen Toku dimulai pada 25 April 1943, satu minggu setelah Yamamoto ditembak jatuh dan dibunuh oleh P-38 Amerika di atas Bougainville di Solomon.
Tapi dengan kematian Yamamoto dan keberuntungan perang berbalik melawan Jepang, tidak ada yang bisa memperjuangkan impian Yamamoto.
Penundaan mengganggu proyek sejak awal.
Prototipe I-400, dibangun di Kure Navy Yard Teluk Hiroshima, tidak ditugaskan hingga 30 Desember 1944, sementara I-401 dan I-402 dipasang tak lama kemudian di Sasebo Navy Yard Docks di Nagasaki.
Lebih lanjut, fasilitas konstruksi angkatan laut di Kure dan Sasebo sering menjadi sasaran pesawat Amerika tetapi kerusakannya tidak signifikan; pilot pembom Amerika tidak memiliki pengetahuan tentang kapal selam raksasa yang sedang dibangun di bawah mereka.
Pada 8 Januari 1945, I-401 ditugaskan dan, enam bulan kemudian, pada 24 Juli 1945, datang I-402.
Setelah selesai dan melaut, kapal ini akan menjadi Submarine Division One.
Namun, dari 18 kapal selam yang direncanakan, hanya tiga yang akan diselesaikan: I-400, I-401, dan I-402; nomor I-404 dan I-405 masih dalam pembangunan ketika perang berakhir pada Agustus 1945.
Armada sisa yang diusulkan dari I-Series –– 403 dan 406-417 –– dibatalkan sebelum konstruksi dapat dimulai.
Sebagai gantinya datanglah dua kapal selam baru –– I-13 dan I-14 –– yang lebih kecil tetapi masih memiliki aspirasi desain yang sama.
Sen Toku berada di luar pemahaman angkatan laut manapun kecuali Jepang; mereka 60 persen lebih besar dari kapal selam manapun yang akan dibuat Amerika sampai usia kapal selam nuklir.
Bagian terpenting dari I-400 adalah pesawat yang diasingkan di dalam hanggar kedap air.
Jepang telah lama menguasai seni menerbangkan pesawat pengintai.
Binatang laut seri I-400 berukuran panjang 400 kaki dengan lebar 39 kaki dan draft 23 kaki.
Itu adalah konfigurasi lambung ganda yang akan direplikasi Soviet 30 tahun kemudian.
Ini dioperasikan pada empat mesin diesel dari 7.700 tenaga kuda dengan dua motor listrik sebagai cadangan.
Tonase permukaan kapal selam adalah 5.223 ton; saat terendam, beratnya 6.560 ton.
Sebelum penempatannya, I-400 memiliki peralatan snorkel yang dapat ditarik.
Ketika mereka terendam dalam waktu yang lama, udara segar dapat masuk sementara asap knalpot diesel yang beracun akan dikeluarkan.
Jarak jelajah laut sangat mengejutkan 37.500 mil tanpa mengisi bahan bakar.
Kecepatan permukaan tercepat mereka hanya mencapai 18 knot; saat tenggelam, kecepatan dikurangi menjadi 6,5 knot.
Yang terdalam yang bisa mereka selam dengan aman adalah 330 kaki.
Awaknya, yang berjumlah 140 hingga 220 pelaut per kapal selam, memiliki kemewahan yang luar biasa berupa walk-in freezer untuk menyimpan jatah on-board mereka.
Namun, air minum terbatas pada porsi waktu makan saja, dan layanan jamban kurang akomodatif, dengan hanya tersedia satu "kepala" per perahu.
I-400 dipersenjatai dengan baik. Dari delapan tabung torpedo depan mereka, 20 torpedo Tipe-95 dapat ditembakkan.
Di dek, tiga meriam tiga laras 25 mm dan satu meriam laras tunggal 25 mm dipasang.
Senjata yang bahkan lebih berat –– 140mm / 5,5 inci –– juga merupakan bagian dari persenjataan.
Pada bulan-bulan awal tahun 1945, Jepang bertekad keras untuk membawa suatu bentuk peperangan terhadap warga Amerika.
Rencana Laksamana Jisaburo Ozawa adalah memiliki empat kapal selam Sub Divisi Satu — I-400, I-401, I-13, dan I-14 — berlayar ke Pantai Barat Amerika.
Begitu berada di posisi mereka akan meluncurkan total gabungan 10 Seiran dengan bom tabung keramik yang diisi dengan tikus pembawa kutu yang terinfeksi kolera, tifus, wabah, dan patogen lain yang dirancang untuk menyebabkan penyakit yang meluas di Amerika Serikat.
Tanggal serangan yang diinginkan Ozawa setelah pemilihan akhir kanal sebagai target adalah 22 September 1945, tetapi pada 26 Maret 1945, Panglima Angkatan Darat Jepang, Jenderal Yoshijiro Umez, membatalkan skema Ozawa.
Karena Amerika memiliki keunggulan militer yang luar biasa, ia beralasan, terlalu banyak yang bisa hilang jika Jepang menerapkan taktik perang kuman.
(*)
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik?Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari