Find Us On Social Media :

Inilah Para Wanita dari Perang Inggris yang Perannya Terabaikan Padahal Tak Terhitung Jumlahnya Baik di Darat Maupun Udara

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 22 Desember 2020 | 07:30 WIB

Salah satu pilot wanita dalam perang Inggris.

Intisari-Online.com – Juli adalah hari peringatan dimulainya Pertempuran Inggris, salah satu titik balik besar Perang Dunia Kedua.

Meskipun banyak pria yang berperang untuk menghentikan rencana invasi Hitler, nyatanya kontribusi wanita kurang dikenal saat itu.

Yang benar adalah, Pertempuran Inggris tidak akan menjadi kemenangan tanpa peran para wanita yang tak terhitung jumlahnya,  baik di darat maupun di udara.

Banyak orang yang melacak silsilah keluarga mereka mungkin terkejut menemukan bahwa ibu, nenek, dan nenek buyut mereka sendiri mungkin termasuk di antara pelopor yang membuat perbedaan seperti itu selama hari-hari kelam itu.

Baca Juga: Kapal Perang Inggris Senilai Rp 17,5 Triliun dengan Berat 8.000 Ton Rusak Terus dan Nganggur 4 Tahun di Pelabuhan, Mantan Kepala AL: 'Padahal Kami Butuh Kapal Kalau-kalau Perang Terjadi'

Meskipun mereka tidak diizinkan menjadi pilot tempur, wanita memang terbang sebagai bagian dari Air Transport Auxiliary, menerbangkan Spitfires, Hurricanes, dan pesawat ikonik lainnya antara pabrik dan pangkalan militer.

Berbicara kepada Jacky Hyams, penulis The Female Few, seorang veteran ATA bernama Joy Lofthouse mengenang bagaimana ‘Anda tidak tahu jenis pesawat apa yang akan Anda terbang hari itu.

Anda akan keluar dari Tiger Moth setelah melahirkan dan kemudian menjadi pembom Wellington. Setelah itu, kamu bisa menerbangkan Spitfire. "

Penyiar propaganda Nazi yang terkenal William Joyce, alias Lord Haw-Haw, merasa muak dengan pembangkangan yang sembrono terhadap ekspektasi gender, menjuluki pilot wanita ATA sebagai 'wanita yang tidak alami dan dekaden'.

Baca Juga: Perang Inggris – Argentina yang Hanya 74 Hari demi Berebut Pulau Penuh Ratusan Ribu Domba