Find Us On Social Media :

Kisah Tak Terduga dari Perang Dunia II, 70 Tahun Menghilang Lakukan Misi Rahasia, Pasukan Ini Terhanyata Hancur Karena Diserang Secara Brutal oleh Hiu

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 22 Desember 2020 | 08:16 WIB

USS Indianapolis tenggelam pada akhir perang

Intisari-Online.com - Sebuah bangkai kapal Perang Dunia II ditemukan lebih dari 70 tahun setelah bencana melanda dan awaknya dibinasakan dalam "serangan hiu terbesar dalam sejarah."

Dilansir dari Express, Minggu (20/12/2020), kapal itu adalah kapal penjelajah berat Angkatan Laut AS kelas Portland.

USS Indianapolis mengirimkan komponen utama Little Boy - senjata nuklir pertama yang pernah digunakan dalam pertempuran - ke Pangkalan Angkatan Udara AS di pulau Tinian.

Setelah berangkat ke Filipina untuk tugas pelatihan, kapal itu ditorpedo oleh kapal selam Angkatan Laut Kekaisaran Jepang I-58 dan tenggelam dalam 12 menit.

Baca Juga: Kisah Kopral Dakota Meyer, Membangkang Perintah Atasan tapi Justru Malah Meraih Cita-cita Tertinggi Korps Marinir

Dari 1.195 awak kapal, sekitar 300 orang tewas bersama kapal tersebut, tetapi serial 'History's Greatest Mysteries' mengungkapkan bagaimana para penyintas menghadapi tugas yang berbahaya.

Narator berkata:

“Saat Matahari terbit keesokan harinya, lebih dari 800 orang yang selamat terapung di lautan terbuka 280 mil dari daratan dan orang-orangnya optimis.

“Tapi satu hari penuh berlalu tanpa tanda-tanda penyelamatan - dan kemudian hari lainnya, dan lainnya.

Baca Juga: Inilah Para Wanita dari Perang Inggris yang Perannya Terabaikan Padahal Tak Terhitung Jumlahnya Baik di Darat Maupun Udara