Find Us On Social Media :

Meski Pesawat Ikan Todak Ini Rapuh, Kecepatannya Lambat, Tapi Tetap Berada di Garis Depan Perang Dunia Kedua

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 22 Desember 2020 | 06:00 WIB

Pesawat ikan todak yang selalu di garda depan saat perang dunia kedua.

Intisari-Online.com – Meski sudah usang, tetapi Fairey Swordfish tetap berada di garis depan selama Perang Dunia Kedua, membedakan dirinya sebagai biplan terakhir di dunia untuk melihat layanan aktif.

Meskipun Taranto bisa dibilang saat terbaiknya, Swordfish mencetak banyak keberhasilan penting lainnya, terutama merusak kapal perang Jerman Bismarck pada Mei 1941.

Ini membantu menenggelamkan 23 U-boat di Atlantik Utara (termasuk yang pertama ditenggelamkan oleh pesawat di malam hari), dan mengintai Pelayaran pedagang Axis di lepas pantai Norwegia dan di Mediterania.

Pesawat Ikan todak terkenal dijuluki 'Tas Tali', bukan hanya karena banyaknya penyangga dan kabelnya, tetapi juga karena variasi toko dan peralatan yang tampaknya tak ada habisnya yang diizinkan untuk dibawa oleh pesawat.

Baca Juga: Perang Manchuria, Saat Jepang Sudah Alami Kekalahan Digempur Bom Atom Sekutu, Masih Saja Hadapi Serangan Uni Soviet Sampai Kaisar Hirohito Meminta Menyerah Saja

Kemungkinan permutasi persenjataan saja termasuk torpedo, ranjau, bom, muatan kedalaman, atau proyektil roket.

Sebuah usaha pribadi oleh Fairey Aircraft Company, seperti banyak pesawat angkatan laut Inggris pada saat itu, itu dimaksudkan untuk memenuhi berbagai peran yang membingungkan dan terkadang kontradiktif, dari bercak dan pengintaian hingga pengeboman menyelam dan serangan torpedo.

Desain terakhir adalah biplan dengan bingkai logam berlapis kain dan sayap lipat untuk penyimpanan di kapal induk.

Didukung oleh mesin Bristol Pegasus IIIM3, pesawat ini memiliki kecepatan tertinggi 246 km/jam, jangkauan 1.700 km, dan ketinggian layanan 5.900 m.

Baca Juga: Siapa Sangka, Pulau Papua Jadi Titik Penentu Kemenangan Angkatan Laut AS Mengalahkan Kependudukan Jepang di Perang Dunia II, Australia pun Terlibat