Find Us On Social Media :

Ekspansi Seluas-luasnya, Kecanggihan China Ternyata Diam-diam Mampu Mengontrol Sumber Media Berbahasa Mandarin Populer di Negara yang Sedang Dimusuhinya Ini

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 18 Desember 2020 | 13:59 WIB

Ilustrasi militer China

Intisari-Online.com - Setelah India, hubungan Tiongkok memburuk dengan negara lain karena Partai Komunis Tiongkok Xi Jinping melanjutkan keinginan ekspansionisnya.

Sebagaimana diberitakan Zeenews.india.com, Rabu (16/12/2020), hubungan China dengan Australia saat ini berada pada titik terendah sepanjang masa.

Hubungan antara kedua negara berubah menjadi yang terburuk ketika juru bicara pemerintah China men-tweet gambar seorang tentara Australia yang memegang pisau di tenggorokan seorang anak Afghanistan.

Kicauan tersebut disertai dengan keterangan yang menyatakan bahwa Australia seharusnya malu atas dugaan tindakan tentaranya.

Baca Juga: Jadi Teka-teki, Apakah Leni Riefenstahl, Seorang Bintang Film yang Lakukan Perselingkuhan dengan Hitler?

Perdana Menteri Australia Scott Morrison dalam beberapa jam menanggapi tweet tersebut dan menuntut permintaan maaf segera dari pemerintah China atas tweet yang dia sebut 'menjijikkan'.

Bahkan Prancis mengkritik tweet yang dibuat oleh pemerintah China, menyatakan bahwa itu dimotivasi oleh prasangka.

Tetapi pemerintah China tidak mundur dan lebih jauh mengkritik Australia karena diduga memperlakukan 'niat baiknya dengan kejahatan'.

Serangkaian aksi bolak-balik seperti itu telah digambarkan oleh media Tiongkok sebagai titik terendah dalam hubungan kedua negara.

Baca Juga: Dijuluki Frankenstein dari Soviet, Inilah Vladimir Demikhov Sang 'Pencipta' Anjing Berkepala Dua, Kelak Dunia 'Berutang' pada Kekejamannya