Find Us On Social Media :

Bukan Mustahil China Saingi AS Meski Kini Perbandingan Kekuatan Militernya Tempatkan Negeri Tirai Bambu Jauh di Belakang Amerika, Ahli Ungkap Kuncinya

By Khaerunisa, Selasa, 15 Desember 2020 | 16:53 WIB

(ilustrasi) perbandingan kekuatan militer China dan AS.

 

Intisari-Online.com - Perbandingan kekuatan militer China dan AS masih menempatkan militer Negeri Tirai Bambu di bawah peringkat AS.

Namun, para petinggi militer AS telah mengakui peningkatan kemampuan militer China, bahkan disebut ingin mendominasi AS.

Seperti yang diungkapkan Stanley McChrystal, pensiunan jenderal dan penasihat Joe Biden, memperingatkan bahwa "Kita bisa bangun suatu pagi dalam waktu dekat untuk mengetahui China telah 'menghujani' Taiwan dengan roket."

Dia mengatakan kepada Axios bahwa "kapasitas militer China telah meningkat jauh lebih cepat daripada yang dihargai orang," dan AS kehabisan waktu untuk mencegah skenario seperti merebut Taiwan.

Baca Juga: Ini Perbandingan Kekuatan Militer China dan India, Dua Kekuatan Militer Top yang Dikhawatirkan Bakal Makin Sering Berkonfrontasi, Pakar Ungkap Masalah Perbatasan Macet Gara-gara Hal Ini

Sementara jenderal tertinggi Pentagon mengatakan senjata robotik akan menjadi umum di seluruh dunia dalam 10 atau 15 tahun, dan China dengan cepat telah mengembangkan kemampuan semacam itu.

"Mereka tidak hanya ingin mencocokkan kami tetapi melebihi kami, mendominasi kami, dapat mengalahkan kami dalam konflik bersenjatapada pertengahan abad," kata Ketua Umum Gabungan Mark Milley dalam simposium online di Institut Angkatan Laut AS.

Yan Xuetong, dekan Institut Hubungan Internasional di Universitas Tsinghua yang berbasis di Beijing dalam wawancaranya dengan Nikkei Asia, salah satunya menyebutkan bahwa hasil dari persaingan Tiongkok-Amerika akan bergantung pada kemajuan teknologinya yang lebih cepat.

Selama ini, kesenjangan antara dua kekuatan militer ini disebutnya terletak pada teknologi.