Find Us On Social Media :

Terpojok Sana-sini, Inikah yang Membuat Iran Ragu-ragu Menyerang Israel Meski Perbandingan Kekuatan Militernya Lebih Unggul Dibanding Musuhnya Itu?

By Khaerunisa, Kamis, 10 Desember 2020 | 19:16 WIB

ilustrasi perbandingan kekuatan militer Israel dan Iran.

Intisari-Online.com - Perbandingan kekuatan militer Israel dan Iran di atas kertas menunjukkan bahwa militer Teheran lebih unggul daripada milik Tel Aviv.

Kekuatan militer Israel dinilai berada di bawah Iran, berdasarkan indeks power menurut Global Firepower, meski tak kalah jauh.

Peringkat kekuatan militer negara-negara di dunia tahun 2020 itu menunjukkan Iran berada di peringkat ke-14 dari 138 negara, mengungguli Israel yang berada di peringkat 18.

Masing-masing dengan indeks power 0,2191 dan 0,3111, yang mana skor 0,0000 merupakan angka yang menunjukkan sempurna.

Baca Juga: Ada Udang di Balik Batu, Ini Alasan Terselubung Amerika 'Manjakan' Negara Asia Tenggara Ini dengan Gelontoran Peralan Militer Besar-besaran, Apa Itu?

Keunggulan militer Iran sudah terlihat dari jumlah personel militer aktifnya, yaitu berjumlah 523.000, berkali-keli lipat dibanding milik Israel yang berjumlah 170.000 personel aktif.

Meski untuk cadangannya, Israel sedikit lebih unggul dengan 445.000 personel, dibanding Iran yang sebanyak 350.000 tentara cadangan.

Merinci ke masing-masing sektor militer, kedua negara yang peringkat kekuatannya selisih tipis ini sebenarnya saling berbagi keunggulan.

Seperti apa perbandingan kekuatan militer Israel dan Iran di masing-masing sektor?