Find Us On Social Media :

Terkenal Dekat, Kim Jong Un Dikabarkan Putuskan Hubungan Perdagangan dengan China, Apa yang Terjadi di Balik Keputusan yang Disebut Berlebihan Ini?

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 30 November 2020 | 18:29 WIB

Kim Jong Un

Intisari-Online.com - Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un merencanakan sejumlah cara untuk mengantisipasi pandemi Covid-19.

Dilansir CNN, sejumlah rencananya itu nampaknya terlalu berlebihan untuk dilakukan.

Kim semakin memperketat perbatasan negara, memutus hubungan perdagangan dengan China, hingga diduga mengeksekusi pejabat bea cukai yang gagal menangani barang impor.

Oktober ini, Beijing hanya mengekspor barang-barang senilai Rp 3 milyar ke Pyongyang.

Baca Juga: Baru Kegirangan Tahu Donald Trump Bakal Lengser, Iran Langsung Mencak-Mencak Usai Ahli Nuklirnya Dibunuh, PBB Diamuk Tuduh 'Teman dekat' AS Ini Pelakunya

Jumlahnya mengalami penurunan hingga 99 persen dari September hingga Oktober, menurut data bea cukai China.

Untuk konteksnya, ekspor itu kurang dalam hal nilai dolar daripada China yang diekspor ke Liechtenstein dan Monaco selama Oktober.

China adalah mitra dagang terbesar Korea Utara.

Secara efektif, kehidupan warga Korut bergantung dengan barang-barang China karena rezim Kim Jong Un tidak mengimpor dari negara lain.

Baca Juga: Parno Air Laut Terinfeksi Virus Corona, Kim Jong Un Larang Rakyatnya Tangkap Ikan, Padahal Ngakunya Tak Ada Satu Pun Kasus Covid-19