Find Us On Social Media :

Kisah Heroik Personel Pasukan Khusus Indonesia Kopaska, Tanpa Senjata Menyusup ke Kapal Perang Malaysia yang Tengah Berulah

By Khaerunisa, Jumat, 27 November 2020 | 20:08 WIB

(ilustrasi) pasukan khusus Indonesia, sejumlah pasukan khusus Satuan Pasukan Katak (Satkopaska) TNI-AL dan prajurit Batalyon Intai Amfibi-

Intisari-Online.com - Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL merupakan salah satu pasukan khusus yang dimiliki Indonesia.

Kopaska menjadi andalan Indonesia setiap kali Indonesia memiliki masalah perbatasan di lautan dengan negara tetangga.

Seperti pada krisis perbatasan RI-Malaysia di Ambalat pada pertengahan tahun 2005.

Krisis perbatasan tersebut merupakan salah satu contoh konkrit ketika Kopaska TNI AL melaksanakan tindakan heroik demi menjaga keutuhan NKRI.

Baca Juga: Diandalkan dalam Penanganan Teroris, Ini Bukti Kehebatan Alpha Grup Rusia, Pasukan Khusus Terbaik di Dunia

Saat itu dalam upaya pembangunan mercusuar Karang Unarang sebagai salah satu titik terluar perbatasan, TNI AL menempatkan satu tim Kopaska asal Satkopaska Armada Timur (Armatim) ke lokasi tersebut.

Tujuan penggelaran pasukan Kopaska adalah untuk mengamankan proses pembangunan sekaligus juga melindungi para pekerja RI yang ada di situ.

Sebelumnya pihak Malaysia memang pernah berusaha menghambat pembangunan mercusuar tersebut.

Caranya adalah dengan mengerahkan kapal-kapal milik Marine Police dan TLDM (Tentara Laut Diraja Malaysia) untuk melakukan manuver-manuver yang bisa menimbulkan ombak tinggi sehingga bisa mengganggu pembangunan mercusuar.