Find Us On Social Media :

Indonesia Salah Satunya, Hanya Kalah dari Negara Ini, Berikut 5 Militer Paling Kaya di Asia Tenggara

By Khaerunisa, Selasa, 24 November 2020 | 15:34 WIB

(ilustrasi) militer paling kaya di Asia Tenggara

Intisari-Online.com - Selain merupakan yang terkuat di Asia Tenggara, militer Indonesia juga masuk daftar militer paling kaya di kawasan tersebut.

Anggaran pertahanannya bersaing dengan negara-negara tetangga, bahkan hanya kalah dari satu negara, membuat militer Indonesia berada di peringkat ke-2 paling kaya di Asia Tenggara.

Selain tentara dan persenjataan, kategori keuangan militer juga diperhitungkan dalam peringkat kekuatan militer negara-negara di dunia menurut Global Firepower.

Anggaran belanja pertahanan merupakan dana yang secara resmi dialokasikan oleh masing-masing pemerintah untuk memelihara dan memperkuat kekuatan tempur.

Baca Juga: Mati-matian Tingkatkan Anggaran Pertahanan Tak Akan Banyak Membantu Taiwan? Lihat Perbandingan Kekuatan Militer China dan Taiwan, Militer China Super Kaya!

Tidak semua negara memiliki anggaran pertahanan yang mendukung pengembangan kekuatan militernya.

Menurut Global Firepower, karena tidak semua negara memiliki kemewahan anggaran belanja yang besar, maka beberapa terpaksa mempertahankan afiliasi dan aliansi dengan tetangga regional atau global untuk keamanan.

Jika Indonesia di peringkat ke-2, negara mana yang mengalahkan kekayaan militer Indonesia, dan militer mana lagi yang juga masuk 5 besar terkaya di Asia Tenggara?

Berikut ini 5 militer paling kaya di Asia Tenggara menurut Global Firepower 2020: