Find Us On Social Media :

Mati-matian Tingkatkan Anggaran Pertahanan Tak Akan Banyak Membantu Taiwan? Lihat Perbandingan Kekuatan Militer China dan Taiwan, Militer China Super Kaya!

By Khaerunisa, Selasa, 24 November 2020 | 14:45 WIB

ilustrasi perbandingan kekuatan militr China dan Taiwan

Intisari-Online.com - Hubungan China dan Taiwan makin memanas, lihat perbandingan kekuatan militer China dan Taiwan!

Ketegangan antara dua negara ini masih terus berlangsung, dengan China makin intens mengirim jet tempurnya ke zona pertahanan Taiwan.

Sementara Taiwan menyiagakan tentara dan mengerahkan sistem anti-rudal mereka pada September lalu setelah untuk keempat kalinya jet tempur China mengusik zona pertahanannya.

Pilot angkatan udara Taiwan pun disebut telah berhasil mencegat jet tempur China yang mendekati pulau itu sebagai “aksi heroik", hingga mendapat pujian dari presiden.

Baca Juga: Kini India Punya Terowongan Menembus Wilayah Penting, Perkuat Militernya yang Masih di Bawah China, Ini Perbandingan kekuatan Militer China dan India

Sementara melansir Reuters (7/10/2020), disebut Taiwan berencana untuk meningkatkan anggaran pertahanannya sebesar $ 1,4 miliar.

Meski upaya tersebut merupakan langkah yang benar, namun seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan bahwa itu tidak cukup untuk memastikan pertahanan yang tangguh dalam menghadapi meningkatnya ancaman China.

Peingkatan anggaran pertahanan itu dilakukan ketika China secara signifikan meningkatkan aktivitas militer di dekat Taiwan, juga meningkatkan kekhawatiran suatu hari akan mencoba merebut kembali pulau itu dengan paksa.

David Helvey, penjabat asisten menteri pertahanan AS untuk Asia Timur, mengatakan dalam konferensi industri pertahanan online yang diselenggarakan oleh Dewan Bisnis AS-Taiwan bahwa tindakan Tentara Pembebasan Rakyat China adalah ujian bagi "kemampuan dan kesiapan Taiwan untuk menanggapi pemaksaan".