Find Us On Social Media :

Bhinneka Tunggal Ika: Studi Menguak Kisah Mengejutkan dari Gen-Gen Hindu Kuno dan Yahudi, Apakah Itu?

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 24 November 2020 | 11:55 WIB

Yahudi

Intisari-Online.com - Penelitian tahun 2019 yang menggunakan DNA kuno sedang menulis ulang sejarah genetik dua bangsa kuno; Hindu dan Yahudi.

Ini menunjukkan bahwa dua peradaban agama mereka adalah hasil dari migrasi etnis kuno; ke Tanah India dalam kasus Hindu, dan ke komunitas Yahudi diaspora dalam kasus orang-orang Yahudi.

Pertama orang Hindu.

Menurut Tony Joseph, penulis “Early Indians”, nasionalis Hindu percaya bahwa sumber peradaban India adalah sekelompok orang yang menyebut diri mereka Arya.

Baca Juga: Rentetan Aksi Brutal Pasukan Elite Australia di Afghanistan, Dari Habisi Nyawa Anak 6 Tahun Hingga Bunuh Tahanan Demi dapat Ruang di Helikopter

Yakni suku nomaden penunggang kuda, pejuang pemeliharaan ternak dan penggembala yang menyusun teks agama Hindu tertua, Weda.

Arya, menurut mereka, berasal dari Tanah India, menyebarkan diri mereka dan keluarga bahasa Indo-Eropa mereka ke sebagian besar Asia dan Eropa.

Tesis "Keluar dari India"

Banyak sarjana India mempertanyakan tesis "keluar dari India", dengan alasan bahwa penutur bahasa Indo-Eropa - atau Arya - hanyalah salah satu dari banyak aliran migran prasejarah yang datang ke India setelah penurunan peradaban Harappa (atau Lembah Indus ) yang jauh lebih awal.

Baca Juga: Kisah Pilu Marina Chapman; Saat Balita Dibuang ke Hutan, Dirawat Kawanan Kerja, Hingga Dijadikan Budak Nafsu oleh Para Pemburu