Find Us On Social Media :

China Kerahkan Segala Cara yang Sekuat-kuatnya untuk Memastikan Bisa Membunuh Kapal Selam AS, Makin Moncer Teknologi Militernya?

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 16 November 2020 | 18:56 WIB

Xi Jinping

Intisari-Online.com - China terus meningkatkan kemampuan anti-kapal selam (ASW) untuk mengatasi asimetri utama yang dirasakan dalam kemampuan peperangan bawah laut.

Selain itu, ketika Beijing mulai mengisi angkatan lautnya dengan kombatan permukaan utama, termasuk kapal induk, kapal penjelajah, dan sekarang kapal serang amfibi besar, ada peningkatan yang cukup terlihat dan dapat dipahami dalam upaya China untuk melindungi investasi baru ini dari serangan kapal selam.

Beberapa perkembangan dalam ASW China selama dekade terakhir ini termasuk membangun kekuatan fregat ringan yang dilengkapi dengan array sonar yang ditarik, menerjunkan "roket torpedo" yang diluncurkan secara vertikal sebagai senjata standar armadanya, mengerahkan pesawat patroli maritim baru (MPA) yang dioptimalkan untuk ASW dan mengembangkan jaringan sensor dasar laut di dalam dan sekitar pangkalan angkatan laut utamanya.

Beberapa atraksi yang datang di daerah ini akan mencakup generasi baru helikopter Cina ASW (baik Z-18 dan Z-20), serta sistem tak berawak bawah kendaraan (UUVs) yang akan melakukan berbagai misi, termasuk khususnya pengawasan dan meletakkan laut - ranjau, setidaknya di awal.

Baca Juga: Kian Terperosok, Inilah Militer Paling Lemah di Dunia, Salah Satunya Negara Asia Tenggara

Sekarang, ancaman baru terhadap dominasi kekuatan kapal selam AS di Pasifik Barat terhampar di depan mata.

Serangkaian artikel terbaru yang diterbitkan di China menyiratkan bahwa Angkatan Laut PLA sedang bekerja keras mengembangkan kendaraan udara tak berawak (UAV) yang akan mengambil misi ASW.

Hal itu pada akhirnya bisa menimbulkan masalah besar bagi pasukan bawah laut Amerika Serikat dan juga bagi pasukan sekutunya.

Satu artikel, yang diterbitkan dalam jurnal China Fire Control & Command pada pertengahan Juli, adalah proyek penelitian kolaboratif antara Naval Command College di Nanjing dan Naval Aeronautical University di Yantai.

Baca Juga: Cuma Lakukan 6 Kiat Ampuh Lenyapkan Lemak Perut dalam Sebulan Tanpa Susah Payah, Salah Satunya Lebih Banyak Makan Protein