Find Us On Social Media :

Terbongkarnya Sindikat Pembuat Madu Palsu yang Sulit Dibedakan dengan Madu Asli, Cara Tes Madu yang Selama Ini Kita Lakukan Ternyata Salah!

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 13 November 2020 | 13:00 WIB

Manfaat luar biasa dari satu sendok makan madu.

Intisari-Online.com – Beberapa waktu lalu di media marak berita mengenai terbongkarnya sindikat pembuatan madu palsu.

Dari berita itu, mungkin Anda akan bertanya-tanya selama ini madu yang kita beli asli atau palsukah? Bagaimana membedakannya?

Kalau selama ini Anda sering mengeceknya dengan melihat apakah semut merubung madu, atau ditaruh di kulkas, ternyata metode tersebut salah.

Pakar madu yang juga peneliti produk -produk lebah madu di Laboratorium Rekayasa Industri Bio Proses, Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Unversitas Indonesia, Dr Muhammad Sahlan mengakui sulit membedakan madu asli dan palsu yang ada di Indonesia, terutama bagi masyarakat umum.

Baca Juga: Tidak Perlu Buru-buru Beli Obat, Begini Cara Alami Obati Penyakit Lambung Kronis, Cuma Pakai 7 Bahan Dapur Rumahan Berikut Ini

Hal itu karena banyaknya jenis yang madu yang ada di Indonesia.

Pria yang akrab disapa Sahlan ini menyebutkan sedikitnya ada tiga jenis lebah penghasil madu di Indonesia.

Yakni lebah madu hutan liar (Apis dorsata), yakni madu hutan liar yang diambil dengan cara diburu (belum bisa dibudidaya).

Selanjutnya lebah madu budi daya (Apis mellifera dan Apis cerana) dan lebah tidak menyengat (Stingless bee).

Baca Juga: Musim Hujan Sering Timbulkan Radang Tenggorokan, Ini 7 Cara Alami Redakannya, Termasuk Gunakan Bahan Tambahan Pembuat Kue