Find Us On Social Media :

Korea Selatan Diketahui Sengaja Bakar Hutan Papua untuk Perluasan Lahan,Warga: 'Saya Menangis, Saya Sedih, Kami Jaga Hutan Ini dengan Baik'

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 13 November 2020 | 07:59 WIB

Hutan telah berganti menjadi petak-petak perkebunan kelapa sawit.

Intisari-Online.com - Papua adalah rumah bagi hutan hujan terluas yang tersisa di Asia.

Sebuah investigasi visual yang dirilis pada Kamis (12/11) menunjukkan perusahaan raksasa asal Korea Selatan "secara sengaja" menggunakan api untuk membuka hutan Papua demi memperluas lahan sawit. Hutan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat adat Papua secara turun temurun.

Namun kini menjadi garda terdepan perluasan bisnis perusahaan sawit.

Suku Mandobo dan Malind yang tinggal di pedalaman Papua, perlahan kehilangan hutan adat yang menjadi tempat mereka bernaung.

Baca Juga: Masih Semangat! Pria Berumur Lebih dari Satu Abad Ini Rela Tertatih-tatih Demi Nikahi Gadis Impian yang Beda Usia Jauh Darinya, Mau Tahu Bagaimana Malam Pertamanya?

"Saya menangis, saya sedih kenapa saya punya hutan, alam Papua yang begini indah, yang tete nenek moyang wariskan untuk kami anak cucu, kami jaga hutan ini dengan baik," tutur Elisabeth Ndiwaen, perempuan Suku Malind yang hutan adatnya di pedalaman Merauke kini telah menjadi perkebunan kelapa sawit.

"Kami tidak pernah bongkar hutan, tapi orang dari luar bongkar itu. Buat saya itu luka," ujarnya.

Sementara, Petrus Kinggo, ketua marga Kinggo dari Suku Mandobo berkukuh mempertahankan hutan adatnya di Distrik Jair, Boven Digoel, agar tidak dijadikan kebun kelapa sawit.

Berjalan menyusuri hutan adatnya, Petrus menuturkan sagu yang tumbuh liar di hutan, makanan pokok masyarakat adat Papua kini lambat laun tergusur oleh kebun kelapa sawit.

Baca Juga: Perlu Diketahui Penderita Diabetes, Empat Jenis Sayuran ini Baik untuk Dikonsumsi Karena Indeks Glikemiknya Rendah, Apa Saja Itu?