Find Us On Social Media :

Sejak Awal Sudah Yakin Joe Biden Menang, Mengapa China Malah Tak Sudi Beri Selamat?

By Ade S, Senin, 9 November 2020 | 17:14 WIB

Joe Biden.

Intisari-Online.com - China dikabarkan sudah meyakini bahwa Joe Biden-lah yang akan memenangi Pilpres AS. Namun mengapa masih belum memberi selamat?

Banyak pemimpin dunia sudah memberi selamat kepada Biden dan wakilnya, Kamala Harris, setelah Demokrat dinyatakan menang pilpres Amerika Serikat pada akhir pekan lalu dan langsung dirayakan di kota-kota "Negeri Paman Sam".

Selama 4 tahun masa kepemimpinan Trump, Gedung Putih berperang dagang dan hubungannya memburuk dengan China.

Kedua negara adidaya itu berseteru di banyak bidang, mulai dari asal-usul pandemi Covid-19 hingga persoalan HAM di Xinjiang dan Hong Kong.

Baca Juga: Sempat Olok-olok Joe Biden Dua Pekan Lalu Bersama Trump, PM Israel Netanyahu Kini Mulai Khawatir

China termasuk di antara segelintir negara besar bersama Rusia dan Meksiko, yang belum memberi selamat kepada Joe Biden sebagai presiden terpilih, meski mereka tahu Biden sudah mendeklarasikan kemenangan di pemilu Amerika Serikat.

"Sepemahaman kami hasil pemilu akan ditentukan sesuai hukum dan prosedur AS," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, dalam jumpa pers.

"Kami berharap pemerintahan AS yang baru bisa bertemu dengan China di tengah jalan," lanjutnya dikutip Kompas.com dari AFP.

Trump juga menolak mengakui kekalahannya di pilpres Amerika Serikat.

Baca Juga: Padahal di Amerika Kekalahan Amerika Sampai Dirayakan dengan Pesta Oleh Rakyatnya, Ternyata Negara-Negara Ini Justru Tidak Senang dengan Kekalahan Donald Trump, Karena Alasan Ini