Find Us On Social Media :

Naas, Kedua Negara yang Masih Berseteru Atas Klaim Gas dan Minyak di Laut Hitam Ini Diguncang Gempa Hebat Level M 7, Ada Tsunami 'Kecil'

By Maymunah Nasution, Sabtu, 31 Oktober 2020 | 12:00 WIB

Bangunan yang ambruk akibat gempa magnitudo 7 di Izmir, Turki, pada Jumat (30/10/2020). Pusat gempa berada di Laut Aegean dengan kedalaman 16,5 kilometer.

Intisari-online.com - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7 melanda lepas pantai Turki barat pada Jumat (30/10/2020), menurut Survei Geologi AS.

Laporan awal menunjukkan adanya kerusakan bangunan tapi tidak ada korban jiwa.

Gempa ini dirasakan dari Istanbul hingga Athena.

Express menyebut gelombang pasang menerjang pesisir Izmir dan air laut memasuki kota yang berpenduduk sekitar 3 juta jiwa itu.

Baca Juga: Sudah Tak Bisa Keluar Rumah Karena Pandemi Covid-19, Kini Warga Dibuat Gaduh Akibat Potensi Gempa Megathrust dan Tsunami di Pulau Jawa, Begini Kata BMKG

"Sejauh ini kami telah menerima informasi tentang enam bangunan yang ambruk" di provinsi Izmir, kata Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu di Twitter.

"Beberapa warga kami terjebak di reruntuhan," kata Menteri Lingkungan Hidup Turki Murat Kurum.

Gempa tersebut juga memicu tsunami kecil di Seferihisar, kata Huseyin Alan kepala Teknisi Geologi Turki kepada kantor berita negara TRT seraya memperingatkan agar orang-orang menjauh dari gedung.

Foto-foto di media sosial menunjukkan air menggenangi jalanan Izmir karena gelombang pasang dari laut.

Baca Juga: Hasil Kajian Sebut Potensi Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa, Pakar: 'Tidak Terlalu Lama Lagi Akan Terjadi'