Find Us On Social Media :

Abaikan Keberangan NATO, Turki Kian Asyik Eksplorasi Wilayah Mediterania yang Disengketakan Sampai Bulan Depan

By Maymunah Nasution, Minggu, 25 Oktober 2020 | 19:29 WIB

Turki-Yunani Memanas, Kisah 'Bandung Lautan Api' di Tepi Mediterania Kembali Diungkit, saat Bangsa Yunani Dipaksa Saling Bunuh oleh Bangsa Turki

Intisari-online.com - Turki mengatakan sedang memperpanjang survei seismik kapal Oruc Reisnya di daerah sengketa di Mediterania timur hingga 4 November.

Langkah itu akan memicu ketegangan di wilayah tersebut.

Anggota NATO Turki dan Yunani terkunci dalam perselisihan tentang luasnya landas kontinen mereka dan klaim yang bertentangan atas sumber daya hidrokarbon di Mediterania timur.

Perselisihan meletus pada Agustus ketika Turki mengirim Oruc Reis ke perairan yang juga diklaim oleh Yunani dan Siprus.

Baca Juga: Mimpi Buruk NATO Kian Menjadi Kenyataan, Turki Benar-benar Uji Coba Rudal Kontroversial Buatan Rusia Ini, Seperti Apa Keunggulannya?

Bersama dengan dua kapal lainnya, Ataman dan Cengiz Han, Oruc Reis akan terus bekerja di daerah selatan pulau Rhodes Yunani hingga 4 November, pemberitahuan maritim angkatan laut Turki mengatakan Sabtu malam.

Pemberitahuan sebelumnya menjadwalkan pekerjaan survei di daerah tersebut hingga 27 Oktober.

Ankara menarik Oruc Reis bulan lalu untuk memungkinkan diplomasi sebelum pertemuan puncak Uni Eropa, di mana Siprus mengupayakan sanksi terhadap Turki.

Namun, kapal tersebut dikirim kembali bulan ini pada 12 Oktober, sehingga memicu tanggapan marah dari Yunani, Prancis, dan Jerman.

Baca Juga: Layangkan Kecaman Terhadap Muslim Setelah Guru Perancis Dipenggal Oleh Teroris, Macron Secara Menohok Diolok-olok Erdogan: 'Anda Perlu Bantuan Mental'