Find Us On Social Media :

Sampai AS Ancam Beri Sanksi pada Turki Setelah Uji Coba Rudal S-400, Memangnya Seberapa Mengerikannya Rudal Buatan Rusia Itu yang Juga Bikin Barat Gelisah?

By Tatik Ariyani, Kamis, 29 Oktober 2020 | 14:48 WIB

Sistem pertahanan anti-serangan udara Rusia, S-400

Intisari-Online.comAS menyatakan, Turki terancam menghadapi sanksi mereka setelah melakukan uji coba terhadap sistem rudal S-400 buatan Rusia.

Pernyataan itu disampaikan R Clarke Cooper, pejabat top di Kementerian Luar Negeri AS yang bertanggung jawab atas penjualan senjata.

"Risiko (terkena sanksi) semakin nyata karena... mereka masih terus mengejar pembelian S-400," kata Cooper kepada awak media.

"Dan, tentu saja, hukuman bakal semakin dipertimbangkan dan menjadi opsi," lanjut dia, sebagaimana diwartakan AFP pada Rabu (28/10/2020).

Baca Juga: Harta Kekayaannya Capai Rp87,92 Triliun, Orang Terkaya ke-3 di Indonesia Meninggal Dunia

Sebelumnya, Turki sudah menyatakan melakukan uji coba terhadap sistem rudal dengan kode NATO SA-21 Growler itu, meski sudah diperingatkan AS.

Washington menyatakan, pembelian S-400 selain tidak sesuai dengan NATO, memungkinkan Rusia menganalisa jet tempur mereka dan menghancurkannya.

Pada 2017, Kongres mengesahkan undang-undang dikenal sebagai CAATSA, di mana mereka bakal menghukum siapa pun yang membeli senjata dari musuh AS.

Terlepas dari ancaman sanksi AS kepada Turki, seperti apakah rudal S-400, sistem pertahanan anti-pesawat termodern yang dibuat oleh Rusia?

Baca Juga: Satu Pilot Tewas Akibat Jet Tempur Taiwan Jatuh di Tengah Tekanan China, Apa yang Terjadi?