Find Us On Social Media :

Sempat Disebut 'Gila' oleh Istrinya Sendiri, Pria Ini Seorang Diri Bikin Selokan Selama 30 Tahun, Demi Atasi Kekeringan di Desanya, Dan Kini Julukannya pun Berubah

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 31 Oktober 2020 | 12:45 WIB

Laungi Bhuiya Chinki

Intisari-Online.com - Selama hampir 30 tahun, Ramrati Devi menyebut suaminya Laungi Bhuiya "gila."

Penduduk desa lainnya di Kothilwa, sebuah dusun yang gersang dan miskin di sudut terpencil di negara bagian Bihar, India timur, membubarkan Bhuiya ketika dia mengatakan akan membawakan air untuk mereka suatu hari nanti.

Kothilwa berjarak sekitar 80 kilometer (50 mil) dari Gaya, kota besar terdekat, dan merupakan rumah bagi hampir 750 (kebanyakan kaum Dalit) orang yang tinggal di gubuk lumpur.

Dalit, sebelumnya disebut sebagai "yang tak tersentuh", berada di bagian bawah hierarki kasta India yang kompleks dan secara historis menghadapi marginalisasi dan diskriminasi sosial.

Baca Juga: Umat Muslim Indonesia Ikut Boikot Produk Perancis, MUI Bahkan Sudah Serukan Penarikan Dubes RI di Paris

Sebuah jalan sempit tak beraspal di luar jalan raya adalah satu-satunya cara untuk mencapai Kothilwa, sebuah desa yang terselip di lanskap tandus, bebatuan menghiasi tanah merahnya, di mana tidak ada yang tumbuh kecuali jagung dan beberapa tanaman keras yang membutuhkan sedikit air.

Bhuiya, yang memiliki sebidang kecil tanah, selalu memperhitungkan bahwa jika dia bisa menggali kanal untuk mengarahkan aliran yang mengalir di perbukitan ke desanya - yang hanya memiliki beberapa sumur untuk air minum yang tidak cukup untuk irigasi - dia dan orang lain akan mampu menanam sayuran dan gandum serta menghidupi diri sendiri.

Oleh karena itu, tidak menyadari teguran istrinya dan ejekan penduduk desa, Bhuiya (sekarang berusia 70 tahun), akan pergi ke dekat Perbukitan Bangetha untuk menggali.

Dia mengatakan dia terus melakukannya selama hampir tiga dekade, dengan alat yang belum sempurna dan tekad yang mantap.

Baca Juga: Naas, Kedua Negara yang Masih Berseteru Atas Klaim Gas dan Minyak di Laut Hitam Ini Diguncang Gempa Hebat Level M 7, Ada Tsunami 'Kecil'