Find Us On Social Media :

Hidup dalam Kemiskinan, Terhimpit Antara Indonesia dan Timor Leste, Penduduk di Daerah Ini Mendadak Terkejut Militer Indonesia Tiba-tiba Nongol, Apa yang Terjadi?

By Tatik Ariyani, Rabu, 28 Oktober 2020 | 17:16 WIB

Ilustrasi TNI

Intisari-Online.com - Seorang wanita bernama Wajah Agustina Hoar (49), hanya bisa pasrah menatap rumahnya yang mulai keropos termakan usia.

 

Warga Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT) itu, tinggal bersama lima orang anak di sebuah rumah yang tak layak huni.

Sang suami Paulus Klau, sedang mencari nafkah menjadi pekerja migran Indonesia (PMI) di Malaysia.

Desa tempat tinggal Agustina, berbatasan darat dengan Timor Leste dan berbatasan laut dengan Australia.

Baca Juga: Meski Enak dan Menyenangkan Tapi 8 Camilan Ini Bisa Bikin Berat Badan Naik, Salah Satunya Sering Anda Makan Sambil Menonton Televisi

Rumah Agustina memiliki dinding kayu dengan fondasi tembok, beratap seng bekas, dan berlantai tanah. Dindingnya terlihat bolong di beberapa sisi.

Rumah itu dibagi empat kamar dengan dinding sebagai penyekat. Tak ada jendela di rumah itu. Mereka menutup jendela menggunakan triplek.

Sirkulasi udara hanya mengandalkan pintu di bagian depan dan belakang. Itu pun kalau dibuka lebar. Kondisi baik dirasakan saat musim panas. Namun berbeda saat musim hujan tiba.

Setiap kali hujan, air masuk dari seng yang berlubang dan dinding kayu. Air itu membuat lantai tanah becek.

Baca Juga: Demi Masuk Anggota ASEAN, Timor Leste Malah Nekat Daftar Jadi Anggota Organisasi yang Lebih Besar, Padahal di Asia Tenggara Saja Ditolak Mentah-mentah karena Alasan Ini