Find Us On Social Media :

Demi Masuk Anggota ASEAN, Timor Leste Malah Nekat Daftar Jadi Anggota Organisasi yang Lebih Besar, Padahal di Asia Tenggara Saja Ditolak Mentah-mentah karena Alasan Ini

By Khaerunisa, Rabu, 28 Oktober 2020 | 16:45 WIB

Ilustrasi Timor Leste.

Intisari-Online.com - Hasil referendum Timor Timur tahun 1999 menjadikan wilayah yang kini dikenal sebagai Timor Leste itu lepas dari Indonesia.

Bukan lagi provinsi ke-27 Indonesia, sejak saat itu Timor Leste menjadi negara tetangga Indonesia, yang bersebelahan dengan provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kini Timor Leste layaknya tetangga Indonesia lainnya, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, dan lainnya yang berada di wilayah Asia Tenggara.

Namun, hingga saat ini Timor Leste belum menjadi anggota Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN.

Baca Juga: Salah Satunya Timor Leste, Inilah 5 Negara Termuda di Dunia, Masih Berjuang Bangkit dari Kemiskinan

Sementara itu, Timor Leste yang masih menjadi negara termiskin di Asia Tenggara juga di dunia, justru tengah berupaya bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Menurut The Jakarta Post dikutip dari Pos Kupang, Timor Leste memulai pembicaraan resmi untuk bergabung dengan WTO pada Jumat (3/10/2020).

Selain dilakukan sebagai upaya untuk memulihkan perekonomiannya, ternyata tujuan Timor Leste bergabung dengan WTO juga sebagai batu loncatan untuk aksesi ke ASEAN.

Timor Leste sendiri telah mengajukan permohonan resmi untuk bergabung dengan ASEAN sejak 2011 silam, namun masih ditolak.