Find Us On Social Media :

Dikenal Haus Darah, Nyatanya Misi Kopassus Gagal Demi Selamatkan Seorang Anak, Kemarahan Komandannya Diterima Bulat-bulat Tapi Dia Tidak Menyesal, 'Itu Nurani Setiap Manusia'

By Mentari DP, Rabu, 28 Oktober 2020 | 15:10 WIB

Kopassus TNI AD.

Intisari-Online.com - Komando Pasukan Khusus atau Kopassus merupakan bagian dari TNI Angkatan Darat (TNI AD).

Kopassus dikenal memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror.

Biasanya prajurit Kopassus hanya menjalani misi khusus yang berat.

Walau begitu, sebagai pasukan khusus terbaik Indonesia, mereka selalu diharuskan berhasil dalam menjalankan misi.

Baca Juga: Tak Pakai Pasukan Militer, Filipina Siap Lakukan Bentrokan Brutal dengan China, di Titik Ini Kemungkinan Konflik Akan Pecah, Presiden Xi Jinping: Coba Saja, Sebab Kami Terlalu Kuat

Tetapi meski memiliki kemampuan sebagai pasukan khusus, prajurit Kopassus tetap manusia biasa yang memiliki hati nurani.

Bahkan, misi Kopassus pernah ada yang berujung kegagalan lantaran seorang anggota mengedepankan hati nuraninya sehingga menghambat jalannya misi.

Dilansir dari buku 'Kopassus untuk Indonesia' karya Iwan Santosa dan EA Natanegara terbitan R&W, hal ini pernah terjadi saat satu kompi Kopassus tengah bertempur melawan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Meski misi Kopassus saat itu berujung pada kegagalan, tapi kejadian saat itu menunjukkan kalau Kopassus masih mengedepankan hati nuraninya untuk menyelamatkan orang lain.

Baca Juga: 2 Lawan 1, Kesal Dituduh Campuri Pilpres AS, Putin Isyaratkan Buat Aliansi Militer Paling Kuat yang Pernah Ada Antara Rusia dan China, 'Militer Amerika Langsung Kalah Telak!'