Find Us On Social Media :

Sadar Atau Tidak Sadar, China Telah Bangunkan Singa Tidur yang Sudah Diam Selama 75 Tahun: Jepang Mulai Perkuat Militer untuk Pertahankan Indo-Pasifik, Termasuk Ikut dalam Laga Laut China Selatan

By Maymunah Nasution, Selasa, 20 Oktober 2020 | 13:43 WIB

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc

Intisari-online.com - Pepatah mengatakan, jangan pernah membangunkan singa tidur.

Karena apa yang terjadi selanjutnya akan mengerikan.

Saat Jepang dan Jerman memulai invasi dan Perang Dunia II, keduanya tentu tidak mengira negara mereka akan kalah.

Namun, mereka kalah, dan sebagai sanksi untuk memulainya perang, kedua negara tidak diperbolehkan miliki militer selamanya.

Baca Juga: Ajak Murid-muridnya Piknik, Pastor Ini Tidak Menyangka Balon yang Ditemukan Murid dan Istrinya Ternyata Sebuah Bom Perang Dunia II, Kejadian Selanjutnya Sangat Mengenaskan

Sebagian mengira hukuman itu adalah bentuk penghinaan, tapi sebenarnya hukuman itu adalah manifesto ketakutan dunia terhadap dua negara pemicu Perang Dunia II tersebut.

Karena jika Jepang dan Jerman masih boleh miliki militer yang siap menyerang negara mana saja, kekuatan mereka telah teruji hampir hancurkan dunia.

Maka dari itu, mereka hanya diperbolehkan memiliki militer untuk membela saat negara mereka berada dalam ancaman negara lain.

Lalu, bagaikan singa tidur, kedua negara mulai jauhi area perang dan mulai terfokus membangun negara mereka setelah kekalahan Perang Dunia II.

Baca Juga: Tak Sengaja Temukan Bom Warisan Perang Dunia II Milik Nazi, Negara Ini Nyaris Rata Gara-gara Bom Tersebut Mendadak Meledak, Beruntung Meledaknya di Tempat Ini